Iklan
Iklan
Iklan
BanjarmasinTRI BANJAR

HMI Soroti Lemahnya Penegakan Perda 

×

HMI Soroti Lemahnya Penegakan Perda 

Sebarkan artikel ini
AUDENSI - Ketua DPRD Kota Banjarmasin, Harry Wijaya menerima audiensi pengurus baru HMI Cabang Kota Banjarmasin periode 2024-2025, Kamis (2/5/2024). (KP/amir)

Banjarmasin, KP – Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Kota Banjarmasin menyoroti lemahnya penegakan peraturan daerah (Perda), yang harus menjadi perhatian agar bisa menertibkan dan memberikan ketentraman bagi warga Banjarmasin.

Hal tersebut terungkap saat Ketua DPRD Kota Banjarmasin, Harry Wijaya menerima audiensi pengurus baru HMI Kota Banjarmasin, yang didampingi Kabag Umum Sekretariat DPRD Kota Banjarmasin, Ashadi Himawan, Kamis (2/5/2024).

Ketua umum HMI Kota Banjarmasin, Arief Rahim menyampaikan maksud dan tujuan audiensi, yaitu dalam rangka  memberikan masukan dan membahas sejumlah persoalan untuk kemajuan Kota Banjarmasin yang hingga belum terpecahkan.

Dari sejumlah permasalahan yang dibahas adalah, HMI menyoroti soal penegakan Perda Kota Banjarmasin yang dinilai masih lemah. 

“Seperti masih lemahnya penegakan Perda Nomor 12 tahun 2016 tentang Penyelenggaraan Tempat Hiburan dan Rekreasi,” ujar Arief Rahim, didampingi pengurus lainnya.

Disebutkan, dari investigasi HMI, pelanggaran Perda tersebut terutama terkait ketentuan jam operasional, batasan umur dan dugaan peredaran obat terlarang pada tempat hiburan malam (THM).

Sehubungan adanya pelanggaran tersebut HMI berharap, Pemko Banjarmasin melalui SKPD terkait agar mengambil tindakan tegas dari memberikan peringatan keras sampai pencabutan izin.

“Sebab buat apa Perda diterbitkan bila adanya pelanggaran dibiarkan saja tanpa diberikan sanksi tegas,” kata Arief Rahim.

Lebih ia mengemukakan, HMI siap menjadi mitra Pemko untuk membangun Kota Banjarmasin lebih maju lagi.

Sebaliknya, HMI Cabang Kota Banjarmasin juga tidak akan segan-segan untuk mengkritisi kebijakan yang dinilai bisa menimbulkan masalah di masyarakat dan soal penegakkan Perda.

“Seperti penegakan Perda THM dan sejumlah Perda lainnya yang dinilai masih lemah dan hanya sekedar di atas kertas,” tandas Arief Rahim. 

Menanggapi hal itu, Ketua DPRD Kota Banjarmasin, Harry Wijaya mengatakan, aspirasi yang disampaikan HMI akan menjadi catatan penting untuk ditindaklanjuti dewan dalam meningkatkan kinerjanya.

Baca Juga:  Program Berkah Ramadhan YN'S Center Berakhir, Diharapkan Menjadi Berkah Untuk Semua

“Terutama ketika menjalankan fungsi pengawasan terhadap Pemko Banjarmasin dalam melaksanakan setiap Peraturan Daerah (Perda),” demikian kata Harry Wijaya. (nid/K-7) 

  • IMG20240502121356.jpg
    2.2MB
    Iklan
    Iklan