Iklan
Iklan
Iklan
OLAHRAGA

Indonesia Ketemu Guinea di Play Off Olimpiade Usai Ditaklukkan Irak 1-2

×

Indonesia Ketemu Guinea di Play Off Olimpiade Usai Ditaklukkan Irak 1-2

Sebarkan artikel ini
Tim nasional (timnas) dikalahkan Irak 1-2 dalam pertandingan perebutan juara ketiga Piala Asia U-23 yang berlangsung di Stadion Abdullah bin Khalifa, Qatar, Jumat (2/5/2024) dinihari WIB. (Kalimantanpost.com/Laman PSSI)

QATAR, Kalimantanpost.com – Impian tim nasional (timnas) lolos secara langsung ke Olimpiade tak terwujud setelah dikalahkan Irak 1-2 dalam pertandingan perebutan juara ketiga Piala Asia U-23 yang berlangsung di Stadion Abdullah bin Khalifa, Qatar, Jumat (2/5/2024) dinihari WIB.

Indonesia pun untuk bisa lolos ke Olimpiade harus melakukan pertandingan play off melawan peringkat empat Piala Asia U23 AFC 2024 yakni Guinea.

Pertandingan laga peringkat keempat AFC menghadapi wakil Afrika, Guinea dijadwalkan pada Kamis 9 Mei 2024 yang berlangsung di Paris, Perancis.

Sementara itu Irak yang meraih juara ketiga secara otomatis lolos ke Olimpiade mendampingi Jepang dan Uzbekistan.

Pertandingan melawan Irak, pelatih Shin Tae-yong melakukan rotasi pemain Nathan Tjoe A-on yang selama ini menjadi pengatur serangan ditarik ke belakang menjadi center back kiri, sedangkan centre back tengah diisi Justin Hubner dan di kanan ditempati Muhammad Ferrari

Di bek kiri tetap dipercayakan ke Arhan Pratama dan kanan diisi Rio Fahmi. Di lini tengah, setelah Nathan ditarik ke center, untuk pengatur serangan dipercayakan kepada Ivar Jenner berduet dengan Marselino Ferdinand.

Lalu pemain sayap kiri tempati Kelly Sroyer dsn sayap kanan oleh Witan Sulaiman dan striker diisi Rafael Struick.

Tidak adanya Nathan membuat lini tengah Indonesia sedikit longgar hingga dimanfaatkan Irak menguasai lini vital melalui gelandangnya Muntadher Mohammed, Karrar Mohammed Ali dan Ali Jason.

Namun, Indonesia sempat mendapat peluang di menit 3 melalui Sroyer yang menerima umpan jauh dan tendangan di blok kiper. Tapi sebelumnya posisi Sroyer sudah offside.

Begitu juga tembakan Marselino di luar kotak penalti di menit 6 masih melambung dan tendangan bebas menyusurnya di menit 9 masih dan tepat dipelukan kiper Hussein Hasan.

Baca Juga:  Elkan Baggott, Sandy Walsh dan Asnawi Sudah Bergabung, Timnas Indonesia Latihan Fisik

Indonesia akhirnya membobol gawang Irak melalui tendangan menyusur Ivar Jenner ke sudut kiri gawang. Gol itu berawal tendangan sudut Witan diberikan umpan pendek ke Marselino dan dikembali ke Witan. Pemain Bhayangkara FC ini memberikan umpan ke mulut gawang dibuang pemain Irak. Bola jatuh ke kaki Ivar Jenner dan melakukan tendangan menyusur, gol di menit 18.

Unggul 1-0, permainan Indonesia sedikit mengendorkan serangan hingga dimanfaatkan Irak melakukan tekanan melalui Blnd Azad dan Nihad Mohammed.

Di menit 20, tendangan keras Ali Jason di luar kotak penalti berhasil di blok Ernando.

Akhirnya gawang Indonesia kecolongan di menit 27 melalui sundulan kepala memanfaatkan kemelut di mulut gawang usai tonjokkan Ernando kurang sempurna.

Kedudukan 1-1 membuat tensi permainan cukup tinggi dan silih berganti melakukan serangan.

Di menit 31, tendangan bebas Nathan disundul Hubner tapi masih ke samping kanan gawang.

Hingga babak pertama berakhir kedudukan 1-1.

Memasuki babak kedua, pemain Indonesia sering kali melakukan kesalahan dan cukup longgar dalam mengawal pemain lawan hingga Irak beberapa kali mendapat peluang.

Di menit 61, Ali Jason yang menggiring bola tak ada gangguan sama sekali hingga melakukan tembakan keras di luar kotak penalti hingga ke samping kanan gawang.

Indonesia sempat melakukan serangen cepat melalui sroyer di menit 71 tapi masih melambung.

Giliran Irak melakukan serangan balik melalui Nihad Mohammed di menit 72 dan berusaha dihadang Arhan serta Ernando Ari juga ikut maju ke depan. Nihad berhasil melewati Ernando dan menendang ke mulut gawang, untung Nathan masih sempat mengambil bola.

Terus mendapat tekanan, Shin Tae-yong memasukkan Fajar Fathurrahman dan Komang Teguh menggantikan Rio Fahmi dan Stroyer di menit 78.

Baca Juga:  Pemain Barito Putera Diminta Fokus dan Percaya Diri Hadapi Rans Nusantara

Di menit 82, serangan balik cepat melalui Witan ke Rafael. Kemudian Rafael kembali memberikan umpan ke Witan, sayang sontekannya lemah dan bisa diamankan kiper Irak.

Irak yang lebih menguasai permainan melakukan serangan lewat Ridha Fadhil di menit 88, sundulannya masih bisa di blok Ernando Ari.

Begitu juga tendangan Nihad masih bisa antisipasi Ernando di menit 90+1.

Kedudukan 1-1 bertahan hingga babak kedua usai hingga dilakukan tambahan waktu 2 x 15 menit.

Diperpanjang waktu, Indonesia kecolongan di menit 96. Berawal dari umpan jauh, bola lepas diambil Justin Hubner hingga dapat Ali Jason. Pemain nomor 7 melakukan tendangan menyusur dan masuk.

Ketinggalan 1-2, Indonesia pun berusaha bangkit dengan memasukkan Ramadhan Sananta menggantikan Witan di menit 97 serta Ivar Jenner di menit 117.

Walau pun ada tambahan waktu 2 x 15, Indonesia gagal membalas. Kedudukan 2-1 tak berubah untuk Irak. (ful/KPO-3)

Iklan
Iklan