Iklan
Iklan
Iklan
OLAHRAGA

Jepang Susul China ke Semifinal Asia Wanita U-17

×

Jepang Susul China ke Semifinal Asia Wanita U-17

Sebarkan artikel ini
Pemain timnas Jepang berusaha melewati pemain Australia. Jepang menaklukkan Australia 4-1 dalam lanjutan pertandingan Grup B yang berlangsung di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Jumat (10/5/2024) malam. (Kalimantanpost.com/Laman PSSI)

BALI, Kalimantanpost.com – Timnas Wanita U-17 Jepang menyusul China melaju ke semifinal Piala Asia Wanita U-17 usai menaklukkan Australia 4-1 dalam lanjutan pertandingan Grup B yang berlangsung di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Jumat (10/5/2024) malam.

Sebelumnya China meraih kemenangan kedua berturut-turut mereka di Piala Asia Wanita U-17 setelah mengalahkan Thailand 3-0 untuk semakin mendekatkan di Bali United Training Center, Gianyar, Bali, Jumat (10/5).

Dikutif dari laman PSSI,
tim putri Jepang lebih dahulu mencetak gol pembuka ke gawang Australia saat laga baru berlangsung tiga menit, ketika Sato Momo Saruang menerima umpan panjang dari Mitsuki Ota.

Saruang mencetak gol keduanya pada menit ke-11 ketika dia menerima umpan dari Kikuchi Hana di sisi kiri dan hanya tinggal mengalahkan Bray, yang dengan mudah memasukkan bola ke gawangnya.

Sienna Dale, yang mencetak enam gol di babak kualifikasi Australia, memiliki peluang untuk memperkecil ketertinggalan pada menit ke-27 namun bolanya melambung saat hanya berhadapan dengan kiper Sakata Korin.

Jepang terus melancarkan serangan, namun Bray dan pertahanan Australia mampu melakukan tugas tersebut selama sisa babak pertama.

Permainan berlanjut dengan pola yang sama setelah jeda, dengan Jepang terus menekan lawan mereka. Kikuchi terus memberikan ancaman dengan gerakan cepatnya dari sisi sayap, dan Bray terpaksa menggagalkan usahanya dari sudut tajam pada menit ke-49.

Dale harus ditandu keluar pada menit ke-61. Dengan keunggulan numerik, kapten Jepang Shinjo Miharu menerima umpan panjang dari Mitsuki Oto, meninggalkan dua pemain bertahan, menggiring bola melewati Bray dan mengirim bola ke gawang yang kosong. Gol ketiga Jepang dicetak pada menit ke-65.

Jepang mencetak gol keempat mereka melalui gelandang Hirakawa Hina pada menit ke-80 ketika ia melepaskan tembakan melengkung dari luar kotak penalti ke kanan atas melewati sepakan Bray.

Baca Juga:  Rafinha Dipastikan Absen Pada Laga Kontra Borneo FC

Australia mendapat hadiah penalti, di lima menit tambahan waktu, kapten mereka Indiana Dos Santos sukses mencetak gol hiburan.

Jepang menjadi tim ketiga yang lolos ke babak semifinal Piala Asia Wanita U-17. Mereka menyusul Tiongkok dan Korea Utara yang sehari sebelumnya juga telah mengamankan tempat di Grup A.

Sementara itu China bermain terbuka dari awal dan menggunakan kedua sisi kanan dan kiri sebagai sumber utama serangan.

Xiao Jiaqi memotong dari kanan dan melepaskan tembakan dari jarak jauh, namun tendangannya masih membentur mistar. Di lain pihak, Thailand lewat pemainnya yang bernama Moondong Rinyaphat mengulangi hal yang sama di daerah pertahanan Tiongkok.

Pada menit ke-23, Tiongkok kembali nyaris mencetak gol, kali ini Chen Ziyi mendapat ruang untuk melepaskan tembakan yang mengarah ke pojok atas sebelum kiper Thailand Singsai Benyapa melakukan intervensi melalui penyelamatan gemilangnya.

Dengan enam menit tersisa di babak pertama, Thailand mengolah bola dengan baik dari kanan ke kiri, dengan umpan balik datang dari Moondong, memberi umpan kepada Taobao Rasita ke gawang tetapi tendangan Hou Shumei menukik ke sisi kanan gawang dan keluar ke tiang dekatnya.

Pelatih kepala Tiongkok Gary van Egmond melakukan dua perubahan dalam menyerang di awal babak kedua, dengan Li Yuhan dan Zhong Yunxin masuk menggantikan Xiao dan Chen, dengan Zhong punya mobilitas yang cepat, tentu akan menjadi menjadi duri bagi Thailand.

Playmaker kreatif ini memberikan umpan kepada Song Yu di menit ke-58 sekaligus gol pembuka yang membuat mereka memimpin untuk sementara.

Thailand mempunyai peluang untuk menyamakan kedudukan hanya dua menit kemudian, setelah Madison Casteen berhadapan satu lawan satu dengan Hou namun digagalkan oleh penyelamatan hebat dari kiper Tiongkok.

Baca Juga:  Sanggar Talent Banua juara Senam Kreasi BKOM Kalsel

Thailand terus menekan, namun Tiongkok memanfaatkan serangan balik pada menit ke-90 yang membuat Zhang Kecan mencetak gol kedua melalui tendangan mendatar dari luar kotak penalti, kemudian laga di tutup dengan gol ketiga dari bek tengah Thailand bernama Chen Rui, yang kemudian memastikan tiga poin kemenangan bagi Tiongkok.

Hasil ini membuat Tiongkok mengoleksi enam poin dibawah Jepang yang berada di puncak klasemen grup B. Jepang juga sukses memenangkan dua laga sebelumnya. Keduanya berhak lolos ke babak berikutnya.

Di laga terakhir grup, justru mempertemukan keduanya di hari Senin (13/5) di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Bali.

Sementara itu, semifinalis terakhir akan ditentukan antara Korea Selatan dan Filipina dalam pertandingan Grup A pada Minggu (12/5) pukul 16.00 di Bali United Training Center, Gianyar, Bali. (ful/KPO-3)

Iklan
Iklan