Iklan
Iklan
Iklan
BalanganBANUA KITA

Pemkab Balangan Ciptakan Tenaga kerja Siap Pakai

×

Pemkab Balangan Ciptakan Tenaga kerja Siap Pakai

Sebarkan artikel ini
BUPATI BALANGAN - H Abdul Hadi mendampingi Mr Des Perkin Direktur Asosiasi dan Pendidikan Teknik dan Pendidikan Lanjutan (TAFE) Australia mengunjungi BLK di Desa Mantimin. (KP/Srd)

Balangan, KP – Jangan sekedar menjadi pencari pekerjaan, tetapi harus bisa menjadi pencipta lapangan pekerjaan.

Ungkapan tersebut disampaikan Bupati Balangan H Abdul Hadi saat mendampingi Direktur Asosiasi dan Pendidikan Teknik dan Pendidikan Lanjutan (TAFE) Australia Mr Des Perkin mengunjungi Balai Latihan Kerja di Desa Mantimin Balangan, Selasa kemarin.

Dijelaskan Abdul Hadi, kita harus mampu mencetak sumber daya manusia yang memiliki skill khusus, sehingga mampu menang menghadapi persaingan global, tidak hanya menjadi penonton di daerah sendiri tapi jadilah pelaku dalam pembangunan daerah ini.

“Bila tidak ingin menjadi penonton di panggung pencaturan tenaga kerja dan lapangan kerja di negeri sendiri, kita harus siap dengan segenap agenda pengembangan kualitastenaga kerja dengan skill yang dipakai,”ungkapnya.

Karena itu lanjut dia, pemerintah kabupaten melalui Balai Latihan Kerja (BLK) terus menggelar pelatihan-pelatihan guna mempersiapkan tenaga kerja berkompeten dan trampil. Dan BLK ini sudah dilengkapi dengan fasilitas yang cukup representatif, didukung dengan tenaga pengajar (Instruktur, red) yang kompeten dibidangnya.

“Sehingga lulusan BLK ini sudah dibekali atau memiliki kompetensi dan keterampilan yang mempuni, sehingga diharapkan dapat terserap pasar kerja dengan cepat,” imbuhnya.

Namun disisi lain juga, pemerintah daerah sudah meluncurkan program Beasiswa Balangan Unggul 1000 Sarjana. Ini pemberian beasiswa kepada putra-putri Balangan yang ingin kuliah keluar negeri.

“Ini juga merupakan upaya pemerintah meningkatkan SDM yang unggul dan berdaya saing global,” tutupnya. (srd/K-6)

Iklan
Baca Juga:  Fugo Hotel Takisung Resmi Mulai Dibangun
Iklan