Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
Palangka Raya

32 Peserta Ikuti Audisi Paduan Suara Gita Bahana Nusantara se Kalteng

×

32 Peserta Ikuti Audisi Paduan Suara Gita Bahana Nusantara se Kalteng

Sebarkan artikel ini
Peserta audisi Gita Bahana Nusantara tingkat Kalimantan Tengah (Kalteng) yang digelar Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalteng melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata di Palangka Raya, Rabu (26/6/2024). (Kalimantanpost.com/Repro humaspemprovkalteng)

PALANGKA RAYA, Kalimantanpost.com – Sebanyak 32 peserta dari sembilan daerah mengikuti audisi Gita Bahana Nusantara tingkat Kalimantan Tengah (Kalteng) yang digelar
Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalteng melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata di Palangka Raya, Rabu (26/6/2024).

Audisi ini dibuka secara resmi oleh Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kalteng Adiah Chandra Sari.

Adiah menyatakan Audisi Gita Bahana Nusantara merupakan kegiatan yang dilaksanakan setiap tahun berdasarkan program Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi yang bertujuan sebagai wadah menyalurkan bakat dan potensi di bidang seni suara bagi pelajar dan mahasiswa.

Kegiatan Gita Bahana Nusantara mampu menyatukan perbedaan-perbedaan serta memadukan sebuah keharmonisan di kalangan generasi muda khususnya pelajar dan mahasiswa.

“Gita Bahana Nusantara sebagai sebuah kegiatan yang diadakan secara rutin dalam sebuah momentum komunal bangsa, harapannya tidak akan berhenti sebagai sebuah kegiatan yang insidental, akan tetapi menjadi sebuah proses kreatif dan kontemplatif yang tidak pernah berhenti guna menjawab tantangan perubahan zaman.

“Sekaligus diharapkan mampu menciptakan sebuah kondisi yang lebih baik bagi generasi muda, dalam wadah negara dan bangsa yang bersatu melalui kekayaan seni budaya,” tutur Adiah.

Ia berharap melalui kegiatan Gita Bahana Nusantara dapat menjadi wahana untuk menanamkan nilai – nilai nasionalisme dan patriotisme kepada kaum muda, memberikan pengetahuan dan pemahaman keragaman seni budaya Indonesia, sekaligus memberikan suntikan semangat bagi putra-putri terbaik ini untuk menjadi agen- agen perubahan dan pemajuan kebudayaan di daerah.

Dipaparkannya, peserta yang lolos seleksi nantinya akan mewakili Provinsi Kalteng untuk bergabung dalam Tim Paduan Suara Gita Bahana Nusantara Tahun 2024 yang akan tampil bersama dengan peserta lainya dari seluruh Provinsi se-Indonesia, “dalam rangkaian peringatan HUT ke-79 Kemerdekaan RI di Ibu Kota Nusantara dan konser kemerdekaan di ruang publik”, tukasnya.

Baca Juga:  Gubernur Minta Anggota DPRD Kalteng Mengabdikan Diri Maksimal

Sementara itu, Kepala Bidang Kesenian Tradisi dan Warisan Budaya Sussy Asty menjelaskan maksud dan tujuan audisi paduan suara Gita Bahana Nusantara yakni menghadirkan wadah ekspresi seni dan budaya bagi generasi muda melalui pembentukan tim paduan suara yang berakar dari keanekaragaman budaya nusantara.

Kemudian untuk ditampilkan dalam upacara peringatan HUT RI dan acara kenegaraan lainnya. Selain itu, membangun karakter dan jati diri bangsa, memupuk rasa kebersamaan dan nasionalisme, meningkatkan apresiasi seni di kalangan generasi muda.

Tentunya melalui pembentukan paduan suara yang tangguh dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika, menumbuhkan nilai kebersamaan dan kebanggaan sebagai anak bangsa melalui kegiatan paduan suara, menjaring bakat di kalangan generasi muda, khususnya seni suara serta pembentukan Tim Paduan Suara yang handal.

Peserta kegiatan merupakan pelajar maupun mahasiswa berusia antara 16-23 tahun yang diikuti sembilan Kabupaten/Kota se-Kalteng dengan jumlah peserta sebanyak 32 orang.

Pembukaan Audisi Gita Bahana Nusantara dihadiri oleh Perwakilan OPD Kalteng terkait, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten/Kota se-Kalteng, Perwakilan Kepala SMAN/SMKN, Seluruh Pejabat Struktural dan Fungsional dilingkup Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kalteng dan Dewan Juri Provinsi serta seluruh Pendamping dan Peserta.(drt/KPO-3)

Iklan
Iklan