Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
Hulu Sungai Tengah

Bupati Aulia Ikut Sadap Karet Bersama Petani di Desa Labunganak

×

Bupati Aulia Ikut Sadap Karet Bersama Petani di Desa Labunganak

Sebarkan artikel ini

BARABAI, Kalimantanpost.com – Bupati Hulu Sungai Tengah (HST) H Aulia Oktafiandi menyadap karet perdana hasil kebun karet di Kebun Percontohan Desa Labunganak Kecamatan Batang Alai Utara, Rabu (26/6/2024)

Kegiatan sadap karet perdana juga dirangkai dengan penyerahan bantuan mesin pemotong rumput dan alat sadap karet kepada kelompok tani

Bantuan diserahkan kepada Kelompok Tani Mekar Tani dari Desa Kabang, Sumber Alam Subur asal Desa Hawang, Berkat Bersama Desa Aluan Sumur, Pematang Indah Desa Wawai Gardu, Karya Baru Desa Telang, Sinar Pelita Desa Layuh, Sinar Mentari desa Pauh, dan Kelompok Tani Sri Bangun Desa Karau

Bupati Aulia mengatakan Pemerintah Daerah melalui Dinas Pertanian Kab HST memiliki berbagai strategi dalam memfasilitasi dan memberikan bimbingan kepada petani karet, Dimana salah satunya adalah melalui kegiatan sadap perdana karet ini.

“Kegiatan ini merupakan contoh konkrit bagaimana Pemerintah Daerah memberikan bimbingan tentang cara menyadap karet yang benar,” katanya.

Bupati berharap Kegiatan ini dapat menjadi momentum untuk mendukung usaha peningkatan produksi karet secara berkelanjutan .

“Mari kita sama-sama merubah pola pikir kita dari mencari upah berubah ke bisnis atau usaha, maka akan mendapatkan hasil lebih,”ajak Bupati

Bupati juga mengajak seluruh petani untuk terus belajar dan meningkatkan pengetahuan serta keterampilan dalam bercocok tanam karet hingga memanennya, termasuk dalam pemanfaatan kebun karet dengan tanaman sela

Sementara Kepala Dinas Pertanian Budi Satrya Tanjung menyampaikan tujuan kegiatan adalah memotivasi Masyarakat untuk dapat menerapkan kaidah usaha budidaya karet yang baik dan benar.

Peserta adalah perwakilan dari kelompok tani penerima bantuan pisau sadap dan bantuan lainnya berjumlah 250 orang. (Ary/KPO-3)

Iklan
Baca Juga:  Mansyah Sabri Terima Silaturahmi PWI HST
Iklan