Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
Balangan

Bupati Balangan Ikut ‘Bagagap Iwak’ di Desa Panggung

×

Bupati Balangan Ikut ‘Bagagap Iwak’ di Desa Panggung

Sebarkan artikel ini
BUPATI BALANGAN - Saat melempar jala atau lonta pada kegiatan bagagap iwak. (KP/Ist)

Balangan, KP – Bupati Balangan H Abdul Hadi bersama sejumlah pejabat di daerahnya ikut bagagap iwak (menangkap ikan, red) yang digelar warga di Desa Panggung, Kecamatan Paringin Selatan, baru-baru tadi.

Diketahui, kegiatan tersebut sudah rutin dilaksanakan oleh masyarakat disana.

“Kegiatan ini dilaksanakan di lahan milik masyarakat yang digunakan empat desa, yakni Desa Inan, Panggung, Maradap dan Galumbang atau lebih dikenal dengan nama Tabat Besar Kali Meraup,” ujar Abdul Hadi usai mengikuti bagagap iwak.

Menurutnya, kegiatan ini sudah puluhan tahun berlangsung rutin setiap tahun yang digelar usai masyarakat panen padi sebagai bentuk syukur hasil alam yang dihasilkan.

“Dan Pemkab Balangan menjadikan tradisi menjala dan menangkap ikan menggunakan tangan atau “Bagagap Iwak” sebagai agenda tahunan,” ucapnya.

Abdul Hadi menyebutkan masyarakat sangat antusias mengikuti kegiatan tradisi tersebut karena panitia menyediakan kolam cukup banyak.

“Insya Allah pada tahun depan kegiatan ini akan kita masukkan ke kegiatan tahunan Kabupaten Balangan agar orang makin banyak datang ke sini,” tutur Abdul Hadi.

Sementara itu, Kepala Desa Panggung Yusnadi mengungkapkan kegiatan ini turun-temurun dilaksanakan warga desa setempat dan  Bupati Abdul Hadi telah menggelar tiga kali tradisi tersebut.

“Mengenai jadi kalender wisata tahunan, kami menanggapi positif karena sangat berpotensi, tetapi terlebih dahulu infrastruktur diperbaiki seperti jembatan dan jalan,” imbuhnya.

Dia juga berharap tradisi Bagagap Iwak dapat menarik perhatian masyarakat dari luar Balangan. (rel/K-6)

Iklan
Baca Juga:  Kakanwil Kemenkum HAM Kalsel Resmikan UKK Imigrasi Banjarmasin di Balangan
Iklan