Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
Hulu Sungai Tengah

Bupati HST dan Ketua Dekranasda Resmikan Galeri Dekranasda

×

Bupati HST dan Ketua Dekranasda Resmikan Galeri Dekranasda

Sebarkan artikel ini

BARABAI, Kalimantanpost.com – Bupati Hulu Sungai Tengah (HST), H Aulia Oktafiandi dan Ketua Dekranasda HST, Cheri Bayuni Budjang meresmikan Galeri Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten HST bertempat di halaman kantor Dinas Perdagangan (Disdag) setempat, Rabu, (12/6/2024).

Saat memberikan sambutannya, Ketua Dekranasda HST, Cheri Bayuni Budjang mengatakan hadirnya Galeri Dekranasda ini diharapkan produk-produk lokal asli Kabupaten HST semakin maju dan bisa memiliki daya saing, baik di tingkat Kabupaten, Provinsi hingga Nasional.

“Hal itu sudah terbukti, HST sudah sering kali mengikuti bahkan diundang dalam pameran-pameran baik di dalam dan di luar daerah untuk menampilkan produk-produk olahan dari HST dan itu banyak diminati,” jelasnya.

Cheri mengatakan selama ini meski banyak peminat hanya saja kendala karena tidak memiliki wadah sendiri. Jadi, dengan hadirnya Galeri ini merupakan sesuatu yang ditunggu-tunggu.

“Kami berterimakasih kepada Bupati HST yang telah membantu mewujudkan impian para pelaku ekonomi lokal khususnya bagi kaum perempuan pada umumnya di Kabupaten Hulu Sungai Tengah,” lanjutnya.

Hadirnya Galeri ini, Cheri pun berharap bukan hanya sekedar pajangan tapi dapat dimanfaatkan oleh masyarakat HST.

“Bila ada keluarga yang berkunjung ke HST untuk berlibur dan mencari oleh-oleh, ajak untuk mampir ke Galeri ini,” pesannya.

Pada waktu yang sama Bupati HST, H Aulia Oktafiandi menyampaikan bahwa Galeri Dekranasda ini bisa menjadi tempat para pengrajin untuk menampilkan serta menawarkan hasil kerajinan dari usaha kecil – menengah yang ada di Kabupaten HST.

Aulia juga mengatakan hampir 40 hingga 50 persen usaha yang ada di Kabupaten HST ini masuk pada usaha kecil-menengah. Untuk meningkatkan nilainya maka dibutuhkan kreativitas serta inovasi,” ungkapnya.

Bupati juga mengatakan untuk menggerakkan usaha ekonomi di Mlmasyarakat, ada tiga aspek yang terus dilakukan Pemerintah Daerah yakni belanja konsumsi, belanja Pemerintah dan investasi.

Baca Juga:  Polres HST Terima Penghargaan Kategori A Zona Hijau

“Galeri Dekranasda ini menjadi ruang untuk mendorong ketiga aspek tersebut. Jadi mari kita beli barang-barang hasil dari para pengrajin kita ini,” ajaknya.

Aulia juga berharap Galeri Dekranasda bisa bermanfaat bagi seluruh pengrajin di Kabupaten Hulu Sungai Tengah. (ary/KPO-3)

Iklan
Iklan