Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
OLAHRAGA

Dua Pemain Keturunan Putri Indonesa, Noa dan Estella Kepanasan Latihan Perdana di Jakarta

×

Dua Pemain Keturunan Putri Indonesa, Noa dan Estella Kepanasan Latihan Perdana di Jakarta

Sebarkan artikel ini
Dua pemain keturunan, Noa Leatomu dan Estella Loupatty saat mengikuti pemusatan latihan bersama tim nasional putri Indonesia di Lapangan ABC Senayan, Jakarta, Selasa (25/6/2024). (Kalimantanpost.com/laman PSSI)

JAKARTA, Kalimantanpost.com – Cuaca cukup panas membuat dua pemain keturunan, Noa Leatomu dan Estella Loupatty harus cepat beradaptasi saat menjalani seleksi dan pemusatan latihan di tim nasional putri Indonesia yang sedang berlangsung di Lapangan ABC Senayan, Jakarta, Selasa (25/6/2024).

Noa saat ini bermain di KRC Genk Ladies Belgia dan berposisi sebagai pemain belakang. Untuk Estella bermain di AFC Vrouwen 1, Belanda serta biasa bermain di posisi striker.

“Latihan pertama kami di pagi hari tadi, cerah dan sangat panas. Saya harus hadapi itu, namun sore ini hujan dan saya merasa bisa lebih menunjukkan kemampuan saya, namun semuanya berjalan dengan baik,” buka Noa usai latihan seperti dikutip dari laman PSSI, Rabu (26/6/2024).

“Sama seperti Noa, tubuh kami sepertinya harus beradaptasi cepat dengan cuaca di Jakarta, karena kami belum terbiasa dengan hal itu. Namun sore ini, dengan datangnya hujan, lebih baik dari tadi pagi,” sebut Estella.

Saat ditanyakan pengalaman latihan antara di klub dan di timnas wanita Indonesia, keduanya menjelaskan ada perbedaan dan persamaannya.

“Di klub, kami bermain cepat, namun tidak jauh berbeda kadang kala sama saja, coach Mochi adalah pelatih asal Jepang, dan biasanya juga menerapkan permainan cepat dan pemain lain juga harus berlari saling memberikan dukungan, kekuatan saya ada di kecepatan, dan itu senada dengan latihan dari coach Mochi,” kata Noa.

“Ya banyak persamaan antara di klub dan di timnas wanita Indonesia. Permainan cepat dan passing yang saling berlari serta memberikan banyak mendukung satu pemain dengan pemain lainnya,” tutur Estella.

Di sela-sela latihan, keduanya mencoba untuk memahami instruksi yang diberikan oleh Satoru Mochizuki.

Baca Juga:  WalikotA Ibnu Sina lepas Tim Futsal SMADA KE Kejuaraan Nasional

“Saya harus beradaptasi dengan cepat bersama tim ini. Semakin saya bisa mengenal mereka tentu menjadi lebih baik dan saya sangat berharap sekali hal itu,” beber Noa.

“Saya akan terus belajar, dan itu sangat diperlukan agar saya dan Noa bisa berkomunikasi baik dengan tim di atas lapangan. Akan tetapi dengan kami bisa lebih dekat dengan mereka, saling mengerti mau masing-masing, itu menjadi lebih baik,” kata Estella.

Sebelumnya, mereka berdua sudah dikenalkan oleh Ketua Umum PSSI Erick Thohir, saat dirinya bersama Exco PSSI, Vivin Cahyani, serta Satoru Mochizuki yang membawa asisten pelatih baru bernama Takumi Taniguchi mengadakan pertemuan di Jakarta. Keduanya mengungkapkan kenapa memilih Indonesia.

“Sejak kecil saya selalu mendambakan bermain di negara lain, saya ingin mengetahui lebih dalam mengenai kultur budaya negara asal saya (Indonesia), bagaimana mereka bermain sepak bola, dan ingin bergabung. Jadi ini lebih ke perasaan yang ada jauh dari dalam lubuk hati saya terhadap Indonesia,” ungkap Estella.

Sementara itu, menurut Noa, “Sebenarnya banyak keluarga saya itu orang Indonesia, ayah saya orang asli Indonesia dan banyak semua keluarga saya tinggal di Belanda, dan mereka sangat gila sepak bola. Jadi saya juga dari kecil mulai menyukai sepak bola, karena saya sangat terikat dengan itu dan berasal dari keluarga yang juga gila sepak bola, dan akan sangat merasa terhormat bagi saya bisa bermain untuk timnas Wanita Indonesia,” kata Noa.

Terakhir, keduanya memiliki harapan dan impian bersama timnas Wanita Indonesia, kalau nanti terpilih dan masuk dalam tim asuhan Satoru Mochizuki.

“Apabila kami masuk bergabung di timnas Wanita Indonesia, saya berharap bisa meraih semuanya, pertama mungkin akan sangat menyenangkan jika kami bisa lolos dari grup di kejuaran Asian Cup mendatang,” sebut Noa.

Baca Juga:  Real Madrid dan Arsenal Taklukkan Tuan Rumah di Liga Champions

“Saya rasa Noa sudah menyebutkan semuanya, pertama lolos di fase grup Asian Cup dan bisa meraih kemenangan di setiap laga yang kami jalani,” tutup Estella. (ful/KPO-3)

Iklan
Iklan