Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
OLAHRAGA

Polandia Tim Pertama Tersingkir, Perancis dan Belanda ‘Bermain Aman’ di Piala Eropa 2024

×

Polandia Tim Pertama Tersingkir, Perancis dan Belanda ‘Bermain Aman’ di Piala Eropa 2024

Sebarkan artikel ini
pemain Polandia meninggalkan lapangan setelah pertandingan sepak bola Grup D UEFA Euro 2024 antara Polandia dan Austria di Olympiastadion di Berlin pada 21 Juni 2024. (Antara/AFP)

JERMAN, Kalimantanpost.com – Polandia sebagai tim pertama yang tersingkir dari Piala Eropa (Euro) 2024 setelah kembali menelan kekalahan 1-3 atas kekalahan Austria dipertandingan Grup D yaitu 1-2 oleh Belanda, dengan yang terbaru 1-3 lawan Austria pada Sabtu (22/6/2024) dinihari WIB.

Kepastian Polandia masuk kotak karena dipertandingan lainnya, Belanda ‘bermain mata’ dengan Perancis yang berakhir imbang tanpa gol.

Tim asuhan Michal Probierz sendiri telah menelan dua kekalahan di Grup D yaitu 1-2 oleh Belanda, dengan yang terbaru 1-3 lawan Austria sehingga memperoleh poin nol.
​​​​​​
Polandia masih menyisakan satu pertandingan melawan Perancis dalam laga penutup Grup D pada Selasa (25/6).
namun apapun hasilnya tak akan berpengaruh lagi.

Sebaliknya, bagi Austria sendiri dengan kemenangan atas Polandia membuka asa lolos ke-16 besar. Asalkan dipertandingan terakhir mampu menahan imbang Belanda, minimal menjadi peringkat tiga terbaik lolos keputaran kedua.

Di Piala Eropa, selain posisi satu dan dua di grup, akan ada empat tim yang bisa menyusul dengan predikat posisi ketiga terbaik dari seluruh grup.

Syarat yang harus di raih antara lain memiliki poin lebih tinggi dari tim posisi tiga lainnya, unggul selisih gol dan jumlah produktivitas gol.

Sementara itu, Belanda masih memimpin Grup D dengan poin 4 sama dengan Perancis tapi unggul produktivitas gol.

Pelatih Polandia Michał Probierz setelah pertandingan tersebut mengatakan timnya terlalu banyak kehilangan bola yang menyebabkan kekalahan.

“Sepertinya kita bisa mengontrol pertandingan ini, tetapi kami justru sering kehilangan bola yang pada akhirnya membuat kami kalah,” kata dia.

Pertandingan sengit terjadi antara Belanda melawan Prancis berakhir imbang tanpa gol dalam lanjutan matchday ke-2 Grup D Piala Eropa (Euro) 2024 di Red Bull Arena Leipzig pada Sabtu dini hari WIB.

Baca Juga:  Misi Balas Dendam di Partai Final

Pertandingan berjalan sengit dengan kedua tim tampil menyerang. Perancis mencatatkan 15 peluang dengan tiga di antaranya on target, sedangkan Belanda menciptakan 4 tembakan on target dari 8 peluang.

Pelatih Didier Deschamps tidak menurunkan Kylian Mbappe dalam pertandingan ini.

Mbappe sendiri mengalami patah hidung saat bermain melawan Austria dalam laga pembukaan Grup D pada Selasa lalu (18/6).

Belanda langsung menebar ancaman saat laga belum berjalan semenit. Sebuah tendangan Jeremie Frimpong mengarah ke gawang, tetapi kiper Mike Maignan masih bisa menepis bola.

Perancis balas mengancam pada menit ke-4 lewat tembakan Antoine Griezmann. Namun, usaha penyerang Atletico Madrid itu masih belum bisa menaklukkan penjaga gawang Bart Verbruggen.

Perancis kembali mendapatkan peluang bagus pada menit ke-15. Adrien Rabiot lolos dan tinggal menghadapi gawang, tetapi dia justru memilih mengoper ke Griezmann.

Sayangnya Griezmann gagal menendang bola dengan sempurna dan dihalau oleh Verbruggen. Bola rebound kembali ke kaki Griezmann sebelum dia melepaskan tembakannya yang masih melenceng.

Belanda merespons dengan tendangan melengkung Cody Gakpo ke pojok kanan bawah gawang, tetapi dapat ditepis oleh Maignan.

Perancis nyaris mencetak gol pada menit ke-29. Marcus Thuram lolos dari jebakan offside menerima umpan Jules Kounde. Penyelesaian penyerang Inter Milan itu masih melebar dari sasaran.

Belanda membalas dengan percobaan Xavi Simons dari luar kotak penalti pada menit ke-36, tetapi bola mengarah tepat ke kiper.

Tidak ada gol yang tercipta hingga babak pertama berakhir. Skor tetap 0-0.

Perancis memulai babak kedua dengan menciptakan peluang pada menit ke-60. Sepakan Thuram masih melenceng tipis dari gawang Belanda.

Peluang kembali menyia-nyiakan peluang pada menit ke-65. Permainan kerja sama apik berakhir dengan sodoran N’Golo Kante ke Griezmann di depan gawang, tetapi tendangan Griezmann tidak sempurna dan dihalau saja oleh Verbruggen.

Baca Juga:  Kejutan Girona di Posisi Puncak Liga Spanyol, Real Madrid Diperingkat Kedua

Pada menit ke-70, Belanda berhasil mencetak gol. Bermula dari tendangan Memphis Depay yang dihalau Maignan, bola rebound disambar Xavi Simons dengan tendangan yang menjebol pojok kanan bawah gawang Prancis.

Namun, hakim garis mengangkat bendera tanda offside dan VAR mengonfirmasinya. Dumfries dinilai berada di jalur bola saat meluncur masuk ke gawang.

Perancis mencoba untuk memecahkan kebuntuan di sisa waktu, tetapi tidak ada gol yang tercipta hingga laga usai. (Ant/ful/KPO-3,)

Hasil Pertandingan
Grup D
Senin (17/6) dinihari

  • Belanda vs Polandia 2-1

Selasa (18/6) dinihari

  • Perancis vs Austria 1-0

Sabtu (22/6) dihari

  • Polandia vs Austria 1-3
  • Perancis vs Belanda 0-0

Jadwal Pertandingan
Selasa (25/6)

  • Perancis vs Polandia
  • Austrua vs Belanda

Klasemen Sementara
Grup D

  1. Belanda 2 1 1 0 2-1 4
  2. Perancis 2 1 1 0 1-0 4
  3. Austria 2 1 0 1 3-2 3
  4. Polandia 2 0 0 2 2-5 0

Iklan
Iklan