Kalimantan Post - Aspirasi Nusantara
Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
OLAHRAGA

Diogo Costa Pahlawan Portugal, Tantang Perancis di Perempat Final Piala Eropa 2024

×

Diogo Costa Pahlawan Portugal, Tantang Perancis di Perempat Final Piala Eropa 2024

Sebarkan artikel ini
1000456432
Penjaga gawang Portugal Diogo Costa saat mementahkan tendangan penalti Benjamin Verbic dalam adu penalti dalam pertandingan 16 besar Piala Eroa 2024 antara Portugal dan Slovenia di Frankfurt Arena, Frankfurt am Main, Selasa (2/7) dinihari. (Antara/AFP)

JERMAN, Kalimantanpost.com. – Luar biasa aksi penjaga gawang Diogo Costa dan boleh dibilang sebagai pahlawan Portugal saat mengantarkan Selecao ke perempat final Euro 2024 dengan menyingkirkan Slovenia dalam drama adu penalti setelah kedua tim imbang 0-0 selama 120 menit di pertandingan 16 besar Piala Eropa 2024 di Stadion Deutsche Bank Park, Frankfurt, Selasa (2/7/2024) dini hari WIB.

Costa mementahkan tiga tendangan pemain pertama Slovenia dan tiga pemain Selecao semuanya berhasil, sehingga adu penalti berhenti pada tiga penendang dengan kedudukan 3-0 untuk Portugal.

Iklan

Portugal akan ditantang Perancis pada babak perempat final di Stadion Volksparkstadion, Hamburg, Sabtu (6/2) pukul 02.00 WIB.

Perancis melanggeng ke perempat final setelah menang tipis 1-0 atas Belgia dalam pertandingan babak 16 besar di Espirit Arena yang juga disebut Duesseldorf Arena, Dusseldorf, pada Selasa dinihari WIB.

Gol yang mengantarkan Prancis ke perempat final itu merupakan gol bunuh diri dari bek tengah Belgia Jan Vertonghen.

Portugal langsung mengambil inisiatif menyerang untuk menciptakan peluang lewat tendangan Ruben Dias yang menyamping dari gawang Slovenia.

Portugal berpeluang mencuri keunggulan andai umpan Bernardo Silva dapat disambut dengan baik oleh Cristiano Ronaldo atau Bruno Fernandes.

Skuad asuhan Roberto Martinez terus menggempur lini pertahanan Slovenia, dan kali ini mereka memberikan ancaman lewat tendangan bebas Cristiano Ronaldo yang tak menyasar sasaran.

Menjelang berakhirnya babak pertama, Portugal kembali menciptakan peluang melalui tendangan Joao Palhinha yang melambung tipis di atas mistar gawang Slovenia.

Pada babak kedua, Portugal terus memegang kendali pertandingan. Ronaldo kembali menciptakan peluang lewat tendangan keras yang bisa dimentahkan kiper Slovenia Jan Oblak.

Portugal tak menyerah untuk berupaya membobol gawang Slovenia. Kali ini sundulan Palhinha menyamping dari sasaran.

Baca Juga :  Italia Bermain Imbang Lawan Belgia, Perancis dan Austria Menang

Ronaldo lagi-lagi mendapatkan peluang lewat skema bola mati, akan tetapi kali ini pun tendangan bebasnya menyamping dari gawang Slovenia.

Portugal terus mendapatkan peluang, juga dari Ronaldo, yang melepaskan tendangan keras yang mengarah ke gawang Slovenia, namun Jan Oblak kembali menghadangnya.

Slovenia sempat menciptakan peluang emas lewat tendangan Benjamin Sesko tapi menyamping dari gawang Portugal.

Sampai 90 menit waktu normal kedudukan tetap 0-0 sehingga pertandingan dilanjutkan ke babak tambahan dua kali 15 menit.

Pada babak pertama waktu tambahan, Portugal memiliki peluang emas untuk mengakhiri pertandingan sengit ini setelah mendapatkan hadiah tendangan penalti akibat Diogo Jota dilanggar di kotak terlarang.

Ronaldo maju sebagai algojo tapi gagal melaksanakan tugasnya setelah tendangannya ditepis oleh Jan Oblak.

Pada babak kedua waktu tambahan, giliran Slovenia memiliki peluang emas untuk membobol gawang Portugal, namun tendangan Sesko yang cuma berhadapan dengan kiper Portugal dapat dihalau oleh Diogo Costa.

Portugal terus mendominasi jalannya pertandingan, namun skor sama kuat 0-0 bertahan sehingga pemenang harus ditentukan oleh adu tendangan penalti.

Dalam adu tos-tosan, Slovenia jadi penendang lebih dahulu. Tendangan Josip Ilicic ke sisi kiri gawang Portugal ditepis Diogo Costa.

Giliran penendang pertama Portugal, Ronaldo sebagai eksekutor dan bisa menjalankan tugasnya dengan baik. Tendangan Ronaldo ke sisi kanan terbaca Jan Oblak, namun bola tetap masuk ke gawang.

Diogo Costa kembali menunjukkan kehebatannya dalam adu penalti. Costa menpis tendangan Jure Balkovec yang diarahkan ke sisi kanan gawang Portugal.

Bruno Fernandes mengecoh Jan Oblak. Portugal unggul 2-0 dalam adu penalti.

Costa jadi bintang Portugal dalam adu penalti. Kali ini tendangan Benjamin Verbic yang dijinakkan Costa.

Baca Juga :  Peru Taklukkan Uruguay, Argentina Masih Memimpin Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Conmebol

Bernardo Silva yang jadi penendang penentu kemenangan Portugal menjalankan tugasnya dengan baik. Sepakan Bernardo ke sisi kiri gawang lawan gagal dibendung Oblak.

Portugal lolos ke perempat final Piala Eropa 2024 dengab menang 3-0.

Sementara di pertandingan sebelumnya, Perancis langsung menyerang dan menciptakan peluang saat laga baru berjalan dua menit melalui tembakan Adrien Rabiot, tapi melebar di sisi kiri gawang Belgia.

Pada menit ke-10, Antoine Griezmann melepaskan tembakan jarak jauh yang mudah diamankan kiper Belgia Koen Casteels.

Kylian Mbappe memperoleh ruang di kotak penalti usai Prancis membangun serangan lewat kiri, tetapi tembakannya melambung di atas gawang.

Belgia baru bisa menciptakan peluang pada menit ke-27, tetapi tembakan Yannick Carrasco diblok Theo Hernandez di kotak penalti.

Peluang emas didapat Thuram pada menit ke-34. Ia menyambut umpan silang Jules Kounde dari sisi kanan, tetapi tandukannya melebar tipis di sisi kanan gawang Casteels.

Pada awal babak kedua, Perancis mencoba untuk langsung menekan. Pada menit ke-53 Mbappe melakukan aksi individu, tetapi penyelesaiannya melambung di atas mistar gawang Belgia.

Pada menit ke-60 Belgia memiliki peluang terbuka saat Yannick Carrasco menerima umpan terobosan di kotak penalti Prancis.

Namun, Theo Hernandez melakukan tekel brilian saat Carrasco hendak melepaskan tembakan.

Pada menit ke-70 Belgia kembali mengancam gawang Prancis melalui tembakan keras Romelu Lukaku. Namun, kiper Mike Maignan masih bisa memblok bola.

Belgia mengancam gawang Perancis melalui tembakan keras Bruyne dari dalam kotak penalti pada menit ke-83, tetapi bisa diblok kiper Prancis.

Pada menit 84, Prancis memecah kebuntuan. Proses gol terjadi melalui tembakan Ramdal Kolo Muani yang mengenai kaki Jan Vertonghen sebelum masuk gawang sendiri.

Baca Juga :  Jerman Taklukkan Bosnia, Belanda Ditahan Hungaria di UEFA Nations League

Kedudukan 1-0 untuk Perancis hingga pertandingan berakhir. (Ant/ful/ini KPO-3)

Iklan
Space Iklan
Iklan
Ucapan