Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
OLAHRAGA

Gilang Ramadhan jadi Tumpuan Tenis Meja Kalsel Dulang Emas di PON XXI 2024

×

Gilang Ramadhan jadi Tumpuan Tenis Meja Kalsel Dulang Emas di PON XXI 2024

Sebarkan artikel ini
Gilang Ramadhan saat latihan di Gedung Tenis Meja Kompeten Banjarmasin dilihat Ketua Umum Pengprov PTMSI Kalsel, Surya Dharma. (Kalimantanpost.com/ful)

BANJARMASIN, Kalimantanpost.com – Petenis meja nomor satu Kalimantan Selatan (Kalsel), Gilang Ramadhan akan menjadi tumpuan mendulang medali emas di Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI di Sumatera Utara – Aceh pada 9-21 September 2024 mendatang.

Pengalaman pemain kelahiran Banjarmasin, 12 Juli 1993 inj pernah mengikuti Pelatnas di Jakarta, membela Indonesia di SEA Games dan berguru di PTM Kediri Jawa Timur, sehingga diharapkan bisa menjadi motivator rekan-rekannya di pesta olahraga empat tahunan tersebut.

“Saya akan berusaha mempersembahkan medali emas di nomor ganda putra bersama Irman Qurtubi di PON XXI mendatang,” kata Gilang Ramadhan, Kamis (11/9/2024).

Menurut pemain yang pernah berguru di PTM Kediri, Jawa Timur ini, kans meraih medali emas ganda cukup besar mengingat peta kekuatan petenis meja di PON Sumut Medan nanti merata.

“Petenis meja nasional kan terpecah dengan membela daerah masing-masing, sehingga ini kesempatannya mampu meraih yang terbaik di PON,” kata mantan atlet pelatnas tenis meja Indonesia ini.

Lalu, dengan keberhasilan meraih juara di ganda putra pada Kejurnas Tenis Meja beberapa waktu lalu, sehingga di seeded dan tak ketemu langsung pemain unggulan lainnya di babak awal.

Selain itu, kata Gilang, selama pemusatan latihan di Banjarmasin, dirinya bersama Irman Qurtubi berlatih intensif dibawah bimbingan pelatih Arif Hidayat.

Disatu sisi, lanjut dia, Ketua Umum Pengprov Persatuan Tenis Meja Seluruh Indonesia (PTMSI) Kalsel Surya Dharma bersama pengurus lainnya cukup rajin melihat langsung atlet berlatih di Gedung Tenis Meja Kompeten Banjarmasin.

“Ini menjadi motivasi kami untuk mempersembahkan medali emas di PON XXI mendatang,” tandas peraih medali perunggu di SEA Games di Singapura pada tahun 2015 lalu.

Baca Juga:  Kokohnya Lini Pertahanan Perancis Akan Diuji Senegal di 16 besar Piala Dunia U-17

Ditambahkan Gilang, untuk nomor tunggal putra, peluang meraih medali fifty-fifty karena persaingan sangat ketat.

“Persaingan di nomor tunggal sangat ketat, karena ini nomor bergengsi dan petenis nasional fokus kesana,” ujarnya.

Begitu optimis kontingen Kalsel meraih medali emas di PON XXI mengingat di Kejuaraan Nasional Tenis Meja. Pertandingan berlangsung di Mall Baywalk Pluit Jakarta Utara pada 24 -30 Juni 2024 lalu, berhasil meraih dua medali emas.

Kedua medali emas itu melalui nomor ganda putra atas nama Gilang Ramadhan/Irman Qurtubi mengalahkan petenis meja Jawa Timur (Jatim) di final dengan sekor 3-1, Kamis (27/6/2024).

Di delapan besar Gilang/Abi mengalahkan petenis meja nasional asal Jawa Barat dan di semi final menundukkan Kalimantan Timur (Kaltim).

Lalu di tunggal putra malah terjadi all Kalsel final antara Gilang Ramadhan melawan Irman Qurtubi. Pertandingan tersebut akhirnya dimenangkan Gilang.

Senada dengan Gilang, Ketua Umum Pengprov PTMSI Kalsel Surya Dharma juga merasa optimis tenis meja meraih satu medali emas di PON XXI mendatang.

“Insha Allah kita bisa meraih emas. Ini melihat perkembangan terakhir, Gilang dan kawan-kawan mengalami kemajuan cukup pesat dengan meraih dua medali emas di Kejurnas bulan lalu yang diikuti petenis meja yang akan berlaga di PON XXI,” ucapnya.

Kans besar meraih medali emas itu di nomor ganda putra. “Kita juga berharap ada juga kejutan meraih medali di tunggal dan beregu,” tegasnya.

Di PON XXI nanti, tim tenis meja putra Kalsel diperkuat Irmam Qurtubi, Akhmad Rudi, Gilang Ramadhan, Aulia Rahman dan
M Razibi Mahendra dengan pelatih Arif Hidayat. (ful/KPO-3)

Iklan
Iklan