Kalimantan Post - Aspirasi Nusantara
Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
Khazanah Qalbu

PEMUDA DAN MASA DEPAN

×

PEMUDA DAN MASA DEPAN

Sebarkan artikel ini

oleh: HAFIZATURRAHMAH

PEMUDA adalah seorang manusia Indonesia yang berumur 16 tahun sampai 30 tahun. Pemuda dianggap penting karena posisinya sebagai seorang manusia Indonesia yang memiliki ide kreatif, dinamis, intelektual, terdidik dan memilik jiwa semangat besar dalam memajukan dan mempertahankan kemerdekaan Indonesia. Aktif berkontribusi sangat penting karena pemuda pemudi terus berupaya mendukung cita-cita terbentuknya negara Indonesia yang adil, makmur, sejahtera lahir dan batin. Pemuda sering disebut juga generasi muda.

Iklan

Generasi muda merupakan generasi yang memiliki kemampuan, semangat tinggi dan memiliki wawasan yang lebih luas untuk mengembangakan dan memajukan Negara. Bahkan untuk mencapai sebuah revolusi dari suatu bangsa biasanya didobrak oleh mereka. Langkah-langkah konkret yang menjadikan Negara menuju lebih baik dan kenyataan sosial yang sudah ada, menjadi sebuah ciri khas dari pemuda yang melekat pada diri mereka.

Terlihat dari gerakan-gerakan pemuda yang terdahulu di Indonesia dari orde lama sampai pada reformasi yang mana dapat merobohkan rezim besar pada masa itu. Pada masa Soekarno dan Soeharto mulai munculah ide-ide cemerlang dari para pemuda untuk membebaskkan bangsa mereka dan ide-ide itu dipelopori oleh para mereka. Dari situlah dapat dilihat betapa besarnya pengaruh dari generasi-generasi muda untuk merubah suatu bangsa sebab kemajuan suatu bangsa terletak pada generasi mudanya.

Dalam menyelesaikan masalah-masalah yang di hadapi bangsa, dimana generasi muda sebagai subjek yang mengubah kearah yang lebih baik sebab mereka memiliki kualitas dan kemampuan dalam bidang keterampilan dan juga IPTEK untuk dapat maju dan berdiri menuju keterlibatan secara bersama dengan kekuatan efektif lainnya.

Generasi muda berkewajiban untuk mengisi sebagai akumulator generasi penerus yang semakin melemah dan dapat mengambil buah dari pengalaman generasi tua. Sehingga generasi muda tidak bisa meninggalkan kewajiban untuk memelihara dan membangun bangsa dan negara. Pemuda memiliki tanggung jawab lebih berat karena merekalah yang akan hidup dan menikmati masa depannya kelak dan sebagai penerus generasi tua.

Baca Juga :  BUKAN AGAMAKEKERASAN

Jadilah progresif yang mampu berfikir secara kritis dalam menghadapi realita sosial politik yang sedang terjadi di era saat ini. Pemuda terdidik merupakan pemuda yang mempunyai kelebihan dalam berpikir ilmiah, rasional, dan berdikari. Karena sejarah mengetahui bahwa generasi muda selalu menjadi pilar kekuatan utama dalam proses medernisasi dan perubahan.

Hal tersebut dapat terjadi akibat sifat menghargai dan keterbukaan terhadap berbagai ide dan budaya dapat menjadi sebuah jembatan yang beragam secara etnis, ras, kelompok-kelompok sosial dan politik. Peran generasi muda didorong melalui beberapa strategi diantaranya, yaitu: 1. Mendorong para generasi muda dalam proses pengembalian keputusan, berani menempatkan diri dalam posisi benar agar aspirasinya atau pendapatnya didengar, dan mampu mengekspresikan pandangan dalam pembuatan kebijakan-kebijakan; 2. Mengembangkan kemampuan dalam berwirausaha; 3. Memaksimalkan peran generasi muda dalam mengatasi hambatan-hambatan budaya, etnis dan ras serta agamis; 4. Memberdayakan para generasi muda dalam pembangunan; 5. Menempatkan generasi muda sebagai visi dalam sebuah pembangunan.

Iklan
Space Iklan
Iklan
Ucapan