Batola Salah Satu Kabupaten Terpilih Penyelenggara

PEMBUKAAN – Gala Desa . (KP/Agung)

Marabahan, KP – Program Gala Desa 2018 yang digulirkan Kementerian Pemuda Olahraga (Kemenpora) sudah sampai di Kabupatan Barito Kuala (Batola). Batola merupakan salah satu dari 136 kabupaten di Indonesia yang terpilih menyelenggarakan ajang olahraga antardesa yang masuk dalam program unggulan kemenpora.

Pembukaan Gala Desa 2018 di Batola diselenggarakan di halaman Kantor Desa Kolam Kiri Kecamatan Barambai, Sabtu (03/11) siang. Ratusan warga, pelajar, dan berbagai lapisan masyarakat meramaikan pembukaan.

Hadir dalam pembukaan ini Kepala Diskominfo Batola Akhmad Wahyuni, Kajari Marabahan La Kanna SH MH, Camat Barambai Wiwin Masruri, Wakil Ketua TP-PKK Sri Wahyuningsih Supriyono, Ketua KONI Batola Saleh, Kabid Olahraga Disporbudpar H Najihun, para pimpinan SKPD dan yang mewakili, serta para forkompincam. Sementara dari pihak Kemenpora dihadiri Kasubbid Pengembangan Olahraga, Rahayu Puji.

Turnamen Gala Desa di Bumi Ijejela ini ditandai service bola volly Kasubbid Pengembangan Olahraga Kemenpora, Rahayu Puji didampingi Kadiskominfo Batola Akhmad Wahyuni, Kabid Olahraga H Najihun, dan Ketua KONI Batola Saleh.

Sebelum itu, menandai pembukaan Gala Desa, dilakukan pemukulan gong oleh Kadiskominfo Batola Akhmad Wahyuni dan Kasubbid Pengembangan Olahraga Rahayu Puji, Ketua KONI, didampingi Camat Barambai, para Forkopimcam, Kabid Olahraga dan SKPD lainnya. Ada 5 cabang olahraga diselenggarakan di Batola ini seperti bola volly, bulutangkis, tenis meja, atletik, dan takraw.

Kasubbid Pengembangan Olahraga Kemenpora Rahayu Puji, mewakili Menteri Pemuda Olahraga Imam Nahrawi mengatakan, Gala Desa bertujuan untuk mencari bibit-bibit atlet langsung dari desa sekaligus diharapkan dapat menjadi media dalam membudayakan olahraga di masyarakat di samping untuk memupuk persaudaraan pemuda antardesa.

Wanita yang akrap disapa Ibu Uci itu menyebut, tahun ini Kemenpora mempunyai program Gala Desa di 136 kabupaten termasuk di Batola. Ia menyatakan, jika semuanya berjalan lancar dan baik insya Allah tahun depan Batola akan kembali direkomendasikan sebagai penyelenggara.

“Visi Misi Kemenpora sesungguhnya untuk menjadikan masyarakat sehat. Untuk menuju ke arah itu tentunya membutuhkan berbagai laga pertandingan membutuhkan secara sehat dan sportif, katanya.

Kadiskominfo Akhmad Wahyuni mewakili Bupati Batola Hj Noormiliyani AS menyampaikan ucapan terima kasih, penghargaan dan apresiasi yang tinggi atas kepercayaan pihak Kemenpora yang memilih Batola sebagai salah satu penyelenggara Gala Desa.

Ia berharap, jika tahun depan even semacam ini kembali dilaksanakan hendaknya Batola kembali bisa dipercayakan sebagai pelaksana. Mengingat saat ini Batola tengah memaksimalkan pengembangan pembinaan olahraga di masyarakat desa.

Kepada Kasubbid Pengembangan Olahraga Kemenpora, Rahayu Puji, Kadiskominfo Batola itu menerangkan, sebetulnya Kabupaten Batola memiliki banyak prestasi di bidang olahraga baik di tingkat daerah, regional, nasional, hingga Asia.

Salah satu cabang olahraga yang menjadi andalan Kalsel yang pernah meraih mendali emas di tingkat Asia yaitu dayung. Di samping, tambah lelaki yang juga pernah menjabat Kadisporbudpar Batola itu, juga terdapat atlit-atlit terpendam di cabang lain seperti gulat, tinju, bulutangkis, dan anggar.

Untuk laga Asian Paragames yang digelar di Jakarta-Palembang baru-baru tadi atlit renang asal Batola, Suriansyah, juga berhasil meraih medali perunggu, katanya. (ang/K-6)

Loading...
Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

loading...