Sepenggal Surga Tersisa di Lokasi Bencana Donggala

Banjarmasin, KP – Walikota H Ibnu Sina setelah ikut merasakan para korban gempa-tsunami Palu, bersama relawan melihat langsung kondisi terkini Likuifaksi yang sudah mengering. Bangkai mobil bekas, rumah masih tampak berserakan.

Namun selain bangunan di Palu, Donggala dan Sigi, Sulawesi Tengah, yang tinggal puing-puing yang masih menggunung, ternyata Allah SWT masih menitipkan sepenggal surga untuk dijaga umatnya. Kini yang tersisa adalah Tanjung Karang Donggala, tepian pantai indah dengan pasirnya putih, yang dulunya destinasi wisata, spot diving hingga snorkling.

Sebelum gempa menguncang, wisata bahari Tanjung Karang tempat wisatawan domestik dan mancanegara. Berita gempa itu membuat pariwisata Tanjung Karang menurun drastis, padahal Tanjung Karang bebas dari guncangan tsunami. Meski gelombang ombak hanya setinggi
satu meter di Tanjung Karang, hampir tidak ada rumah yang hancur.

Rombongan Walikota Banjarmasin H Ibnu Sina saat melakukan kunjungan ke lokasi gempa Donggala sempat diajak Sekretaris Daerah Kabupaten Donggala H Aidil Nur yang ternyata masih warga keturunan warga Banjarmasin.

Menurut Aidil, sebelum kota Palu dan Donggala diterjang gempa berkekuatan 7,4 SR dan disusul tsunami, Palu merupakan kota yang tenang dan erat dengan aktivitas laut.

Berita Lainnya
1 dari 1.803
Loading...

Tanjung Karang menjadi salah satu pusat pariwisata di Sulteng. Ratusan wisatawan mancanegara (wisman) dari berbagai negara berlibur menikmati panorama wisata bahari yang mempesona.

Tanjung Karang menjadi destinasi wisata favorit terutama bagi warga Kota Palu. Tapi kini terlihat sepi karena sebagian besar warganya mengungsi atau pergi keluar kota.

Tidak sedikit warga yang khawatir ada gempa dan tsunami susulan. Banyak pula yang memilih meninggalkan rumahnya dan tinggal di tenda pengungsian di atas gunung.

Pada kesempatan tersebut, Walikota H Ibnu Sina turut menyerahkan bantuan kepada Pemerintah Kabupaten Donggala lewat Sekretaris Daerah Kabupaten Donggala H Aidil Nur di lokasi pantai, guna membantu pembangunan infrastruktur pasca bencana.

“Palu, Donggala dan Sigi itu kuat, Allah hanya ingin menguji yang kuat, tapi tak melebihi kemampuan umatnya. Kebesaran Allah SWT masih ada sepenggal surga untuk kita jaga, mari kita syukuri,’’ demikian tutup Walikota H Ibnu Sina sambil menyelesaikan kunjungan ke Palu. (vin/K-5)

loading...
Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya