Tebing Longsor Tutupi Jalan Desa

Nampak warga desa Bundar kecamatan Dusun Utara gotong royong menepikan tanah yang menutup badan jalan akibat tebing di desa itu malam harinya longsor. (KP/asuradi)

Buntok, KP –– Warga desa Bundar kecamatan Dusun Utara dimusim penghujan seperti saat ini harus ekstra hati-hati. Pasalnya, bahaya tanah longsor di desa tersebut terus mengancam.

Buktinya, pada Selasa (13/11) dinihari, desa yang memiliki topografi berbukit-bukit dan berlembah itu tebingnya longsor cukup serius.

Kendati tidak sampai menimbulkan korban jiwa dan harta benda, namun akibat tebing yang longsor tersebut, ruas jalan desa sebagai akses satu-satunya tertutup tertimbun tanah.

Salah seorang guru di desa Bundar, Dani Arimahi kepada sejumlah awak media, Rabu (14/11) menyebutkan, guna membuka akses jalan agar seperti semula, warga desa melaksanakan gotong royong menepikan timbunan tanah yang menutup badan jalan.

“Jalan ini merupakan akses satu-satunya untuk keluar masuk desa dan menuju dua sekolah yaitu SMAN-3 dan SMPN-2 Dusun Utara di desa Bundar,” ucap Dani Arimahi.

Menurut Dani, warga baru tahu telah terjadi longsor saat pagi hari. Mengingat pada malam harinya, hujan lebat disertai angin kencang turun sepanjang malam.

Dani juga mengaku kuatir, desa yang memiliki banyak tebing tersebut terjadi longsor susulan, pasalnya, intensitas hujan dalam beberapa pekan belakangan sangat tinggi.

“Kita takut pas terjadi longsor ada warga yang melintas. Mengingat ruas jalan yang dikiri kanannya bertebing itu merupakan akses satu-satunya keluar masuk desa,” kata Dani dengan nada cemas.(adi/k-8)

loading...
Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

loading...