Wabub Bartim : Pertanian Di Barito Timur Harus Terus Maju

Tamiang Layang , KP – Wakil Bupati Barito Timur Habib Said Abdul Saleh Al Qadry meminta Dinas Pertanian setempat untuk terus memantapkan hasil produksi padi .

Menurut Wabup Habib Said Abdul Saleh di era teknologi yang kian terus berinovasi saat ini haruslah menjamin produksi pertanian seperti padi terus meningkat.

“Kita berharap jangan ada panen yang gagal. Pertanian di Bartim harus terus maju dan mendapatkan hasil yang lebih baik lagi, terutama banyaknya inovasi teknologi yang mendukung cara menanam hingga memanen padi,”Selasa ( 13/11 ).

Dengan teknologi, menanam hingga panen padi jadi lebih efektif dan efesien sehingga tidak memerlukan waktu lama. Ditambah dengan pola mina padi, maka akan menjadikan pendapatan petani bertambah.

Kepala Dinas Pertanian Bartim, Riza Rahmadi menambahkan, melihat cakupan panen pola mina padi pada perdana di Desa Netampin, Kecamatan Dusun Tengah seluas 3.945 hektare, hasilnya cukup memuaskan dan menunjukkan keberhasilan di sektor pertanian.

Didukung dengan peralatan yang canggih, Riza optimis hasil produksi padi di Bartim akan terus meningkat ada tiap tahunnya.

“Jarak dari tanam hingga panen padi dengan varietas impari 42 dan 43 dan ikan, lebih kurang 90 hari. Pola mina padi ini akan kita dorong untuk menjadi motivasi petani dalam mendukung peningkatan produksi padi,” kata Riza.

Hasil panen padi pola mina padi tersebut sebanyak 6,826 ton per hektar dengan capaian panen bisa tiga kali setahun. Maka bisa diperhitungkan berapa hasil yang bisa diperoleh petani.

Meningkatnya penghasilan petani merupakan program Distan yang selaras dengan program Pemerintah Kabupaten Bartim dalam meningkatkan ekonomi masyarakat.

Selain itu, rendah produktifitasnya pada lahan pola mina padi karena tidak menggunakan pupuk anorganik sama sekali, melainkan menggunakan pupuk organik berupa pupuk kandang sebagai pupuk dasar dan pestisida organik (ramah lingkungan).

“Pertanian Bartim saat ini dorong menuju organik, dengan harapan harga gabah dan berasnya bisa lebih mahal,” kata Riza.

Dalam pengembangan pola mina padi, Riza bertekad mendorong instansi teknis terkait untuk melakukan mina padi pada sawah irigasi teknis agar pendapatan petani meningkat.( Vna/k-8 )

loading...
Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

loading...