1.227 Santri TPA khatam Al Quran

Paringin, KP – Bupati Balangan H Ansharuddin turut menghadiri acara penutupan Khatam Al Qur’an massal gabungan ratusan TPA yang tersebar di wilayah Balangan, dipusatkan di Masjid Al Akbar Balangan, Rabu (23/10). Bupati H Ansharuddin tidak hanya menghadiri tapi juga berkesempatan membacakan ayat ayat Al Quran dihadapan para peserta khatam Al Quran.

Diketahui, tahun 2019 yang mengikuti  Khatam Al Qur’an sebanyak 1.227 orang yang terdiri dari laki laki sebanyak 454 orang dan 773 orang perempuan dari 159 unit Taman Pembelajaran Al Quran (TPA) dibawah binaan Badan Komunikasi Pemuda Remaja Mesjid Indonesia (BKPRMI) Balangan.

Bupati H Ansharuddin dalam sambutannya mengatakan bahwa khatam Al Qur’an merupakan momentum untuk membentuk akhlak sejak usia dini, dewasa dan sampai tua. Melalui khatam Al Qur’an kita tingkatkan pemahaman dalam mempelajari ilmu yang terkandung di dalamnya, ujar bupati.

BUPATi BALANGAN – Ansharuddin saat melantunkan ayat ayat Al Quran. (KP/Ist)
Berita Lainnya

Aksi Tanam Pohon di Kebun Raya Balangan

1 dari 1.291

Lebih lanjut dikatakannya, bahwa kegiatan khatam Al Qur’an adalah suatu tradisi yang harus dipertahankan dan dilaksanakan setiap tahun. Karen menurut Ansharuddin kegiatan ini merupakan usaha untuk mengenalkan dan meletakkan dasar yang kokoh tentang agama kepada anak generasi muda.  Hal ini sangat diperlukan bagi anak generasi muda dalam mengarungi kehidupan ke depan yang penuh dengan tantangan. “Kalau sudah dibentengi dengan pendidikan agama maka generasi muda kita tidak akan mudah terpengaruh dengan segala macam yang menyesatkan seperti narkoba dan pergaulan bebas,” tutur Bupati.

Orang nomor satu di Balangan berpesan kepada para santri bahwa khatam Al Qur’an ini bukanlah akhir dari segalanya, namun awal untuk menimba dan mempelajari ilmu-ilmu yang terkandung dalam Al Qur’an. Sehingga apa yang didapat dan dipelajari dalam Al Qur’an dapat diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari.

“Kepada para orang tua santri dan juga kepada semua pihak untuk selalu menjaga anak anaknya jangan sampai terjerumus ketindakan kenakalan atau kejahatan,” pungkasnya.

Sebelumnya, panitia penyelenggara (BKPRMI) Syaiful Hadi menyampaikan, khataman Al Qur’an santri TPA se- Kabupaten Balangan tahun 2019 di Mesjid Al Akbar Balangan ini, diikuti sebanyak 1.227 orang yang terdiri dari laki laki sebanyak 454 orang dan 773 orang perempuan yang berasal dari 159 unit TPA dari seluruh perwakilan kecamatan yang ada di Balangan.

Dalam acara khataman massal itu, turut berhadir selain Bupati Balangan H Ansharuddin, Kepala Kantor Kementerian Agama Balangan H Yamani dan sejumlah Kepala SKPD di lingkup Pemkab setempat. (jun/K-6)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
loading...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya