Air Sungai Martapura Makin Keruh Kurang Layak Konsumsi

Banjarmasin, KP – Guna menghadapi musim kemarau panjang, air Sungai Martapura masih belum layak untuk dikonsumsi masyarakat Banjarmasin.

Hal tersebut dibeberkan langsung Kasi pegawasan lingkungan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) kota Banjarmasin Fitriani bahwa saat ini air sungai di Banjarmasin, dikatakan tercemar.

Dikarenakan, lanjutnya, debit air sungai saat ini berkurang yang mengkibatkan lumpur baik didalam maupun dipinggiran sungai menyatu dengan air sungai tersebut.

“Untuk saat ini air sungai masih dikategorikan belum aman untuk kebutuhan sehari hari ataupun untuk dikonsumsi,’’ bebernya Selasa (29/10).

Berita Lainnya
1 dari 1.783
Loading...

Fitri juga menjelaskan, ada sebanyak 16 titik air yang diambil sample untuk mengukur kualitas dan kuantitas air sungai melalui Laboratorium DLH dan Laboratorium Dinas Kesehatan.

Meski hasil uji sample air di Laboratorium Dinas Kesehatan belum keluar, ia tetap mengimbau kepada masyarakat untuk tidak menggunakan air sungai dulu, hingga musim hujan datang.

Hal senada juga disampaikan langsung Wakil Walikota Banjarmasin H Hermansyah kepada masyarakat untuk dengan bijak dalam penggunaan air sungai yang sudah tercemar, dan menggantinya dengan air dari PDAM.

Meski, tambahnya, dikatakan tercemar sesuai hasil Laboratoriun DLH, namun masih dikelola dengan baik PDAM untuk bisa dikonsumsi dan digunakan masyarakat dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari.

“Sebaiknya saat ini masyarakat tidak menggunakan air sungai secara langsung, hingga benar benar musim hujan,’’ tutupnya. (vin/K-5)

loading...
Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya