Atlet FORMI Kalsel ke FORNAS V Miliki Semangat Wasaka

Gubernur Paman Birin disaksikan Ketua Formi Kalsel,Hj RR Artuty Ramlan, mencoba naik Egrang, usai resmikan seleksi atlet Fornas V. (Kp/nafarin fauzy)

BANJARMASIN, KP – Gubernur Kalimantan Selatan, H Sahbirin Noor mengingatkan agar atlet Kalsel yang bertanding dalam ajang seleksi oleh FORMI (Federasi Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia) Kalsel, dan nantinya terpilih sebagai anggota kontingen Kalsel ke Samarinda, memiliki semangat Haram Manyarah Waja Sampai Kaputing dan selalu menjunjung tinggi sportivitas.

“Bagaimanapun, nilai filosofi dari permainan tradisional yang kini jadi cabang olahraga di Fornas harus dipahami betul. Terpenting, bisa membawa harum nama Kalsel di kancah nasional,” pungkas Paman Birin, sapaan akrabnya.

Usai membuka seleksi atlet FORMI Kalsel di Jalan Jenderal Sudirman, Selasa (29/10) pagi, Gubernur Kalsel Sahbirin Noor yang sapaan akrabnya Paman Birin mencoba olahraga tradisional egrang, sebuah permainan masa anak-anak yang kini masuk dalam cabang olahraga tradisional yang dilombakan.

Gubernur Paman Birin dengan wajah ceria dan selalu mengumbar senyum, juga dengan senang hati melayani semua peserta dari berbagai kabupaten dan kota berfoto bersama.

Jelang Festival Olahraga Rekreasi Nasional (Fornas) V di Samarinda, Kalimantan Timur, pada 14-18 November 2019 mendatang, seleksi atlet pun dihelat Federasi Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia (FORMI) Kalimantan Selatan (Kalsel).

Sebanyak 362 atlet yang dikirim 9 FORMI kabupaten dan kota mulai bertanding di halaman Kantor Gubernuran Kalsel, Jalan Jenderal Sudirman atau kawasan Siring Nol Kilometer, Banjarmasin. Seleksi selama dua hari Selasa dan Rabu (29-30/10) juga dilangsungkan di lapangan tennis Dharma Praja Jl A Yani Km 5 dan lapangan panahan di Komp.GOR Hasanuddin HM Banjarmasin.

Mereka akan berlaga dalam 28 cabang olahraga yang digelar untuk seleksi atlet menuju Fornas V Samarinda, baik lomba maupun eksibisi seperti bagasing, balogo, egrang, olahraga tradisional atau rakyat serta olahraga yang tersentuh modernisasi.

Ketua FORMI Kalsel, Hj Raden Roro Artuty Ramlan didampingi Sekretaris Formi Kalsel, Hj Galoeh Nisa Basoeni mengungkapkan, para atlet yang dikirim dari 9 kabupaten dan kota se-Kalsel ini bertanding di 28 cabang olahraga.

Menurut dia, saat Banjarmasin menjadi tuan rumah Fornas IV pada Oktober 2017 lalu, Kalimantan Selatan menyabet sebagai juara umum, sehingga pada event dua tahunan itu harus kembali menduduki posisi yang sama.

“Kami mohon doa gubernur dan masyarakat Kalsel, agar Kalsel bisa mempertahankan titel juara umum pada Fornas V di Samarinda, Kalimantan Timur,” ucap Roro Artuti. (rel/nfr/k-9)

Loading...
Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

loading...