Karhutla Masih Terjadi di Pulang Pisau

Kebakaran hutan dan lahan masih terjadi di Kabupaten Pulang Pisau, tampak petugas sedang memadamkan api.

PULANG PISAU, KP – Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) kembali terjadi di Kabupaten Pulang Pisau. Dari hasil pantauan dilapangan, petugas dari Posko Induk Satgas Karhutla, TNI, Polri dan BPBD berjibaku memadamkan kebakaran lahan di tiga titik lokasi, yakni Sambu Desa Hanjak Maju dan Gohong yang berbatasan dengan Desa Manusup Kecamatan Mantangai Kapuas, Kelurahan Kalawa dan Desa Mintin.

Wakil IC Posko Induk Satgas Karhutla Kabupaten Pulang Pisau, Salahudin membenarkan peristiwa kebakaran lahan tersebut. Pihaknya menyebut, jika saat ini seluruh Tim yang tergabung dalam Posko Induk Satgas Karhutla Kabupaten Pulang Pisau terus berjibaku memadamkan api.

” Hujan yang beberapa pekan kemarin sempat mengguyur Kabupaten Pulang Pisau, memang cukup membantu pemadaman api. Tetapi titik api kembali muncul di perbatasan Sambu dan Desa Gohong dengan Desa Manusup Kabupaten Kapuas, ” ucap Salahudin melalui sambungan teleponnya, kemarin (14/10).

Selain di perbatasan, pihaknya juga berupaya memadamkan titik api di Kelurahan Kelapa dan Desa Mintin. Namun, karena lokasi yang sulit dijangkau oleh kendaraan pemadam dan minimnya ketersediaan air, menjadi salah satu kendala dalam memadamkan api. Meski begitu lanjutnya, pihaknya terus berupaya melakukan pemadaman, sehingga diharapkan api tidak semakin meluas, dan kebakaran lahan dapat di kendalikan.

” Jalan menuju lokasi kebakaran cukup jauh dan sulit dijangkau dengan kendaraan roda 4, dan juga minimnya ketersediaan air yang menghambat pemadaman ini, ” ujarnya

Salahudin juga terus menghimbau kepada masyarakat, khususnya yang akan membuka lahan agar tidak dengan cara membakar.(sgt)

Loading...
Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

loading...