KOPDA Kalsel 2019, pertandingkan Delapan cabang olahraga

Hermansyah dan Fitri Hernadi. (Kp/nafarin fauzy)

Banjarmasin, KP – Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Provinsi Kalimantan Selatan, akan menggelar Kompetisi Olahraga Pelajar Daerah (KOPDA) tahun 2019, yang mempertandingkan delapan cabang oolahraga.

‘’Ajang ini untuk para pelajar di Banua sebagai wadah berkompetisi di bidang olahraga melalui Kopda yang pelaksanananya akan digelar mulai 2 November nanti di Banjarmasin,’’ papar Kadispora Kalsel H Herrmansyah didampingi Kabid Pembinaan Olahraga Prestasi Dispora, Fitri Hernadi kepada wartawan di Banjarmasin Selasa (8/10) kemarin.

Untuk kelancaran kegiatan, Dispora Kalsel, kemarin memanggil delapan pengurus cabang olahraga (Cabor) di Kalsel di ruang Sahbirin Noor kantor Dispora Kalsel Selasa pagi kemarin.

“Tadi sudah disepakati cabang yang akan diperlombakan ada delapan saja,” kata Kadispora Kalsel Hermansyah.

Tujuan kegiatan ini ujar Hermansyah untuk melahirkan bibit andal Banua, sehingga bisa dipersiapkan untuk tampil diberbagai ajang mulai dari kejuaraan antar PPLD dan Popnas (Pekan Olahraga Pelajar Nasional) 2020 nanti, pungkasnya.

Kabid Pembinaan Prestasi Olahraga Dispora Kalsel, M Fitri Hernandi menambahkan delapan cabang olahraga yang akan dipertandingkan dalam kompetiai tersebut sepakbola yang digelar di Stadion 17 Mei Bannarmasin, bola basket di Borneo Indor Futsal, dan bola voli indoor di SKB Voli Indoor Mulawarman.

Lalu pencak silat di Borneo Indor Futsal, sepak takraw di Borneo Indor Futsal, tenis lapangan lapangan tenis Dharma Praja, tenis meja dan bulu tangkis keduanya di Borneo Indor Futsal.

Untuk itu sasaran pembinaanya pada atlet pelajar maksimal kelahiran 1 Januari 2003. Dengan mengundang seluruh pelajar se se Kalimantan Selatan.

Fitri berharap dengan adanya kompetisi tersebut Kalsel punya atlet handal yang siap bersaing di level nasional bahkan juga level internasional.

Sementara untuk syarat peserta selain kelahiran 2003, juga pelajar kelas X, XI, XII SMK/SMA/Sederajat. Lalu membawa surat rekomendasi dari Dispora kabupaten/kota masing masing.

“Juga surat keterangan pelajar aktif sekolah dan membawa akte kelahiran,” tambah Fitri.

Setiap cabang olahraga yang dipertandingkan minimal diikuti empat kabupaten/kota penyerahan berkas paling lambat pada 21 Oktober nanti.

Delapan cabang olahraga yang akan dipertandingkan di ajang tersebut. Yakni, sepak bola, bola voli, bola basket, sepak takraw, pencak silat, tenis meja, tenis lapangan, dan bulutangkis.

“Cabor tersebut sangat sangat populer di kalangan pelajar. Selain itu, jenjang kompetisinya di level nasional juga sangat banyak,” papar Fitri Hernadi, kemarin (8/10).

Ketua Umum PSTI (Persatuan Sepak Takraw Indonesia) Kalsel H Puar Junaidi, yang menghadiri langsung rapat denan Kadispora, menyatakan menyambut gembira program Kompetisi Olahraga Pelajar Daerah (Kopda) 2019.

‘’Even ini merupakan langkah strategis untuk menjaring dan melakukan pembibitan atlet-atlet berbakat, yang selanjutnya bias dibina paa level yang lebih tinggi,’’ pungkas Puar Junaidi\

Ketua Umum Perbasi Kalsel, Rattana Arya yang panggilan populernya Koh Aling menyatakan, Even Kopda Kalsel 2019, menandakan bahwa Pemprov Kalsel sangat peduli dalam mengembangkan potensi olahraga pelajar Kalsel,” tandasnya. (rel/nfr/k-9)

loading...
Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

loading...