Dibenahi Kelanjutan Pembangunan Rumah Warga Eks Kebakaran Pulau Sebuku

SEKDAKAB KOTABARU - H Said Akhmad Assegaf bersama Dandim 1004 Kotabaru letkol INF. Rony Fitriyanto memimpin rapat rencana penataan desa eks kebakaran. (KP/Ist)

Kotabaru, KP – “Pembangunan rumah rumah penduduk yang akan dilakukan kembali, kita tata dengan baik, tidak dibangun seperti dulu yang terkesan kumuh. Diantara rumah kita beri, space (ruang/jarak), dan pasarnya kita relokasi. Bahkan akan kita buatkan taman hijau di desa tersebut”, Demikian ucap Bupati Kotabaru kepada wartawan usai meninjau Lokasi eks kebakaran di desa sungai Bali, pulau Sebuku.

Untuk mengimplementasikan rencana tersebut, Tim Pemerintah Kabupaten Kotabaru yg dipimpin Sekda Kab Kotabaru, H.Said Akhmad, melakukan survey dan pemetaan ke lokasi eks kebakaran Desa Sungai Bali Kec. Pulau Sebuku hari Selasa (26/11).

Selain turun langsung ke lokasi bencana, Sekda yang didampingi Asisten Pembangunan H.Joni Anwar, Kepala Bappeda H.M.Maulidiansyah, Kepala DPMPD H.Hariansyah, Kepala Dinas Perhubungan Adi Soetomo dan Kalak BPBD H.Rusian A.Jaya, serta beberapa SKPD terkait lainnya, yang langsung menggelar briefing di Aula Puskesmas Pulau Sebuku dengan menghadirkan unsur Pemerintah Kecamatan, Desa dan perusahaan-perusahaan sekitar lokasi bencana.

Dalam arahannya, Sekda menyampaikan instruksi Bupati Kotabaru H.Sayed Jafar bahwa areal eks kebakaran harus ditata ulang dengan baik agar tidak kembali kumuh, baik menyangkut jaringan jalan, sanitasi, air bersih, instalasi listrik, dan pasar Desa.

“Ke depannya Bupati menginginkan tidak ada lagi rumah dengan konstruksi panggung atau kayu, jadi semua lokasi akan diurug dengan pondasi batu” kata Sekda.

Pada briefing tersebut juga hadir Dandim 1004/Kotabaru Letkol INF Rony Fitriyanto, s.sos yang turut memberikan arahan terkait mekanisme penanganan korban pasca bencana yang sudah mulai banyak mengungsi ke tenda yang disiapkan Pemerintah di halaman kantor Camat Pulau Sebuku.

Sementara itu, Kades Sungai Bali, Ujang Arhadi menyampaikan bahwa “Pada umumnya masyarkat Desa Sungai Bali siap mendukung penataan yang diprogramkan pemerintah daerah, demi kebaikan dan kemajuan Desa Sungai Bali selanjutnya” ujarnya.

Dikatakan oleh sekda Said Akhmad bahwa kelanjutan dari hari itu, tim Pemkab Kotabaru akan segera melakukan pemetaan dan membuat masterplan area eks kebakaran serta memprogramkan untuk penataan kembali Desa tersebut, untuk diusulan ke Pemerintah pusat maupun melalui program kemitraan dengan beberapa perusahaan yang ada di pulau Sebuku. (and/K-6)

Loading...
Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

loading...