Dinas Koperasi Gelar Expo KUR

Banjarmasin, KP – Dinas Koperasi dan UKM Kalimantan Selatan menggelar Expo Pembiayaan Kredit Usaha Rakyat (KUR) dan gelar produk Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Siring Menara Pandang Banjarmasin, 23 — 24 November 2019

Acara yang dibuka oleh Sekretaris Daerah Kalsel, Abdul Haris, merupakan sinergi antara pemerintah dan Bank Kalsel selaku Bank penjamin KUR.

“Kita hadirkan semua produk UMKM dari 13 Kabupaten/Kota se Kalsel, dengan harapan expo ini bisa mengakselerasi antara Pemda, Bank Kalsel, dan para pelaku UMKM,” ungkap Ketua DPD Hipmikindo Kalsel, Yeni Mulyani.

Berita Lainnya

Pemko Lalai dan Gagal Jadi Teladan

BirinMu Optimis Menang 70% di Pilgub Kalsel

1 dari 1.272

Abdul Haris Makkie dalam sambutannya menyampaikan bahwa penyerapan KUR masih berada di bawah 10 persen.

“Kita harapkan penjamin KUR tidak hanya Bank Kalsel. Semua Bank lain juga ikut, tidak hanya masalah pembiayaan atau permodalan saja tetapi pembinaan UMKM juga,” katanya.

Sementara itu, usai melakukan tinjauan langsung di beberapa stan UMKM, Haris menilai kegiatan ini sangat strategis dan perlu dukungan banyak pihak. Tak hanya pemerintah, tetapi juga para pelaku bisnis lainnya untuk melakukan upaya peningkatan terhadap kegiatan UMKM.

“Perlu ada inovasi penguatan agar dari yang kurang dari 10 persen tadi, bisa memanfaatkan fasilitas KUR ini,” ucapnya.

Dari 10 persen yang dimaksudnya adalah dari 472 ribu pelaku usaha, hanya 46 ribu yang menggunakan fasilitas KUR ini. Menurut Haris, kebanyakan pelaku UMKM masih menggunakan jasa peminjaman non bank atau jalur lain yang tidak menggunakan jasa bank. (humpro/K-2)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
loading...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya