Popnas XV 2019 Resmi Dibuka, Jakarta Tuan Rumah

Jakarta, KP – Pekan Olahraga Pelajar Nasional (Popnas) XV 2019 resmi dibuka, Minggu (17/11/2019).

Jakarta menjadi tuan rumah. Event ini akan berlangsung hingga 25 November mendatang.

Popnas XV 2019 dibuka langsung oleh Menpora, Zainudin Amali, pada acara yang digelar di Hall A, Gelanggang Mahasiswa Soemantri Brodjonegoro, Jakarta.

Acara ini dibuka dengan pengenalan maskot Popnas XV 2019 dan parade defile peserta dari 34 provinsi sebelum Zainudin Amali secara resmi membukanya.

“Dengan mengucap bismillahirrohma nirrohim, saya dengan bangga menyatakan Popnas XV 2019 dengan ini resmi dibuka,” kata Zainudin.

“Sama seperti sebelumnya, saya berharap ajang ini kembali bisa melahirkan atlet terbaik untuk mewakili Indonesia dalam ajang internasional pada masa depan.” ia melanjutkan.

Popnas XV 2019 pada awalnya akan diadakan di Papua sebagai rangkaian menuju Pekan Olahraga Nasional (PON) 2020.

Namun, Papua belakangan menyatakan tidak sanggup karena faktor kesiapan infrastruktur.

Kemenpora kemudian mengambil alih dan mengajak kerja sama pemerintah DKI Jakarta dan Jawa Barat menjadi tuan rumah.Popnas XV 2019 nantinya akan mempertandingkan 13 cabang olahraga. Jumlah itu menurun dari edisi 2017 yang mempertandingkan 21 cabor.

Persiapan yang sangat singkat membuat cabor Popnas XV 2019 harus menurun.

Sebagian besar pertandingan Popnas XV 2019 akan berlangsung di Jakarta sementara lainnya menyebar di Bogor, Karawang, dan Bandung menyesuaikan cabor.

Pada Popnas XIV 2017 di Jawa Tengah, Jawa Barat keluar menjadi juara umum dengan raihan 58 medali emas, 45 perak, dan 54 perunggu.

Berikut adalah daftar deareh peserta Popnas XV 2019: Aceh, Bali, Banten, Bengkulu, DI Yogyakarta, DKI Jakarta, Gorontalo, Jambi, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Timur, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Kalimantan Selatan, Kepulauan Bangka Belitung, Kepulauan Riau, Maluku, Maluku Utara, Lampung, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Papua, Papua Barat, Riau, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Utara, Sumatera Barat, Sumatera Selatan, dan Sumatera Utara.(npr/KPO-2)

Loading...
Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

loading...