Walikota Santuni Ahli Waris Pejuang Banjarmasin

Banjarmasin, KP – Para ahli waris pahlawan pejuang kemerdekaan dan para veteran, yang berperang melawan penjajah di Kota Banjarmasin, mendapat santunan dari Pemko Banjarmasin.

Santuan berupa Sembilan Bahan Pokok (Sembako) dan uang tunai itu, diserahkan Walikota Banjarmasin H Ibnu Sina, sesaat setelah apel penghormatan dan peletakan karangan bunga di Tugu Pahlawan 9 November, di Jalan Kramat Raya, Kelurahan Banua Anyar, Kecamatan Banjarmasin Timur, Minggu (10/11).

Walikota Banjarmasin H Ibnu Sina memberikan santuan kepada para ahli waris pejuang kemerdekaan yang merupakan kegiatan rutin Pemko Banjarmasin, dengan maksud sebagai salah satu bentuk perhatian dari pemerintah daerah kepada para veteran dan keluarga pejuang kemerdekaan.

Pemko Banjarmasin selalu berusaha memperhatikan seluruh lapisan masyarakatnya, dan khusus untuk para veteran dan ahli waris pejuang kemerdekaan asal Kota Banjarmasin itu, baru-baru tadi, tepatnya saat peringatan Hari Proklamasi Kemerdekaan RI yang 74 tahun 2019, sebuah kebijakan yang berpihak kepada para veteran telah dikeluarkan, yakni membebaskan para veteran pejuang kemerdekaan dari kewajiban membayar PBB dan iuran PDAM.

Kebijakan yang ditandatangani Walikota Banjarmasin H Ibnu Sina dan Wakil Walikota Banjarmasin H Hermansyah itu, tentu saja mendapat sambutan hangat seluruh masyarakat Bumi Kayuh Baimbai. “Kita setiap tahun rutin memberikan santunan. Bantuan itu dialokasikan oleh Dinas Sosial Kota Banjarmasin, dan yang menerimanya ahli waris para vetera. Jumlahnyan 50 orang lebih. Dan kita juga sudah membebaskan PBB kepada para veteran termasuk juga para keluarga pahlawan,” ucapnya, usai menyerahkan bantuan.

Peringatan Hari Pahlawan 2019 lingkup Pemko Banjarmasin, pelaksanaannya selain dengan menggelar apel peletakan karangan bunga di Tugu Pahlawan 9 November, di Jalan Kramat Raya, Kelurahan Banua Anyar, Kecamatan Banjarmasin Timur oleh Dandim 1007 Banjarmasin Kolonel (inf) Anggara Sitompul, juga dilakukan apel serupa di tugu perlawanan rakyat Banjarmasin di kawasan Jalan DI Panjaitan Banjarmasin.

Bertindak sebagai Inspektur Upacara dalam kegiatan yang diikuti seluruh lurah se Kecamatan Banjarmasin Tengah itu Kapolresta Banjarmasin Kombes Pol Drs Surmato.

Sebelum rangkaian apel penghormatan di dua tempat tersebut, Pemko Banjarmasin terlebih dahulu melaksanakan upacara bendera yang diikuti seluruh ASN Pemko Banjarmasin.

Bertindak sebagai inspektur dalam upacara yang diikuti Wakil Walikota Banjarmasin H Hermansyah, dan Forkopimda Kota Banjarmasin itu, H Ibnu Sina.

Menteri Sosial RI , Juliari P Batubara, dalam sambutannya yang dibacakan H Ibnu Sina mengatakan, kemerdekaan yang dirasakan saat ini tidaklah datang begitu saja, namun memerlukan perjuangan dan pengorbanan yang luar biasa dari para pendahulu negeri.

Semangat yang ditunjukkan para pahlawan dan pejuang tersebut hendaknya perlu terus ditumbuhkembangkan di dalam hati sanubari segenap insan warga negara Indonesia. “Dengan Peringatan Hari Pahlawan diharapkan kita akan lebih menghargai jasa dan pengorbanan para pahlawan, sebagaimana ungkapan salah seorang the founding fathers kita Bung Karno yang menyatakan bahwa “Hanya bangsa yang menghargai jasa para pahlawannya dapat menjadi bangsa yang besar,” ujarnya.

Ia berharap, seluruh komponen masyarakat Indonesia terus bersemangat berinovasi dan menjadi Pahlawan Masa Kini, sebagaimana tema peringatan hari pahlawan Tahun 2019 yakni “Aku Pahlawan Masa Kini”.

“Menjadi Pahlawan Masa Kini dapat dilakukan oleh siapapun Warga Negara Indonesia, dalam bentuk aksi-aksi nyata memperkuat keutuhan NKRI, seperti menolong sesama yang terkena musibah, tidak melakukan provokasi yang dapat mengganggu ketertiban umum, tidak menyebarkan berita hoax, tidak melakukan perbuatan anarkis atau merugikan orang lain dan sebagainya,” katanya.

Dengan menjadikan diri sebagai Pahlawan Masa Kini, lanjutnya, maka permasalahan yang melanda bangsa ini akan dapat teratasi.(vin/K-5)

Loading...
Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

loading...