Banjarbaru Murdjani Festival Bisa Jadi Event Nasional

MURDJANI FESTIVAL - Walikota Nadjmi Adhani dan Wakil Walikota Darmawan Jaya kompak menggunakan pakaian adat Dayak pada Banjarbaru Murdjani Festival. (Istimewa)
422

Banjarbaru, KP – Banjarbaru Murdjani Festival 2019 kembali digelar meriah kedua kalinya dan dinilai berhasil menarik perhatian warga Banjarbaru untuk meramaikan dan berpartisipasi dalam kegiatan event akhir tahun ini, Jumat (6/12).

Diikuti berbagai kalangan, dari siswa SD hingga ASN lingkup Pemko Banjarbaru serta tidak ketinggalan seluruh forum RT/RW. Hadir pula Wakil Walikota Palangkaraya Kalteng Hj Umi Mastikah dan seluruh Forkopimda Banjarbaru.

Rangkaian kegiatan Banjarbaru Murdjani Festival 2019 diawali pelepasan karnaval budaya yang diikuti masyarakat mencapai seribu peserta lebih. Festival budaya ini kian menarik karena seluruh peserta menggunakan pakian adat dari seluruh Indonesia dan pakaian kerja yang dibalut dengan kerajinan purun.

Karnaval dibagi dua titik kumpul dan seluruhnya finish di Lapangan Murdjani. Titik pertama bertempat di Halaman Mapolres yang dilepas Kapolres AKBP Doni Hadi Santoso, kedua start dari Jalan A Yani Km 34 dilepas Sekdako Said Abdullah sekaligus memimpin rombongan karnaval budaya menuju Lapangan Murdjani.

Walikota Nadjmi Adhani dan Wakil Walikota Darmawan Jaya juga kompak menggunakan pakaian adat dayak. Dalam sambutannya Nadjmi menyampaikan apresiasi luar biasa kepada seluruh peserta Murdjani Festival 2019, karena meskipun Banjarbaru turun hujan, namun tidak menyurutkan semangat peserta mengikutinya.

“Semangat yang kita harap terus ada dan mampu diaplikasikan sebagai karakter masyarakat Banjarbaru,’’ katanya.

Nadjmi juga menjelaskan, Banjarbaru Murdjani Festival 2019 ini salah satu event penghujung tahun yang diharap menjadi event nasional, sehingga Banjarbaru jadi tujuan wisata dalam negeri maupun luar negeri.

“Pada kesempatan ini turut hadir Wakil Walikota Palangkaraya Umi Mastikah serta perwakilan karnaval budaya dari kota tersebut. Kami yakin jika bisa terus berkomitmen dengan kegiatan ini, semakin banyak tamu datang dari luar daerah,’’ katanya.

Pada rangkaian pembukaan tersebut, juga dilakukan bermacam pertunjukkan kebudayaan dari beberapa peserta dan diakhiri flashmob tarian Baegal khas Banjarbaru. (wan/K-5)

Loading...
Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

loading...