Hujan Deras dan Angin Ribut Landa Kota Banjarmasin

Banjarmasin, KP – Angin ribut disertai hujan deras melanda Kota Banjarmasin, Minggu (29/12) dinihari. Akibat cuaca ekstrim ini puluhan pohon tumbang, beberapa papan reklame berukuran kecil serta sejumlah warung ambruk.

Kondisi cuaca cukup mencekam berlangsung sekitar pukul 01.00 WITA, dimulai hembusan angin kencang disertai suasana gemuruh hingga berlanjut hujan sangat deras menguyur Kota Banjarmasin. Suasana tambah makin mencekam, ketika beberapa wilayah mengalami pemadaman listrik.

Dari laporan diterima KP, tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut, namun puluhan pohon tumbang seperti pohon kecil di depan Kantor Dinas PUPR Kota Banjarmasin Jalan Brigjen H Hasan Basri.

Pohon tumbang juga di ruas Jalan Perdagangan dan HKSN persisnya depan Kantor Camat Banjarmasin Utara. Akibat peristiwa ini sampah dan daun dari ranting pohon yang tumbang berserakan di ruas jalan.

Sementara masih dari hasil pantauan KP, warung yang ambruk akibat terjangan angin kencang disertai hujan deras tersebut dialami sejumlah warung berada di kawasan Jalan Pangeran Hidayatullah Banua Anyar.

Sampai berita ini diturunkan, belum ada keterangan resmi dari pihak terkait perihal total kerugian akibat angin kencang disertai hujan deras yang menerjang Kota Banjarmasin selama sekitar empat jam tersebut.

Usai cuaca ekstrim ini Badan Penanggungan Bencana Daerah (BPBD) Kota Banjarmasin langsung menerjunkan tim ke lapangan. Hanafi, salah seorang relawan TRC BPBD Kota Banjarmasin mengungkapkan, akibat angin kencang dan hujan deras banyak pohon tumbang.

Ia mengatakan, pohon tumbang di antaranya di Jalan Jenderal Sudirman, persisnya depan Korem 101/Antasari, Jalan Sultan Adam dekat SMPN 24, Jalan Pangeran Hidayatullah (Banua Anyar), Jalan Sutoyo S dekat SMKN 5 Banjarmasin, Jalan Begau dan Jalan Jafri Zamzam.

Sementara itu, Kepala Pelaksana BPBD Kota Banjarmasin HM Hilmi mengungkapkan, semua pohon yang tumbang dan menghalangi jalan sudah dievakuasi petugas pada Minggu dinihari, agar akses lalu lintas tak terganggu.

“Beberapa pohon yang tumbang itu akibat diterjang angin kencang serta guyuran hujan yang lebat sejak tengah malam hingga Minggu dinihari. Alhamdulillah, tidak ada korban jiwa atau terluka akibat cuaca ekstrim ini,’’ kata Hilmi.

Berita Lainnya
1 dari 1.753
Loading...

Ia juga mengungkapkan, sebagian pohon jatuh mengenai kabel PLN yang melintas disamping. Saat proses evakuasi, memaksa pihak PLN mematikan aliran listrik di kawasan itu untuk sementara waktu.

Foto : Ist

“Mohon bersabar usai proses evakuasi selesai baru dinyalakan kembali,’’ tuturnya.

“Kita dibantu warga setempat mengurus arus lalu lintas agar tak terlalu padat saat proses evakuasi pohon roboh,” pungkasnya.

Sementara itu Manager Bagian Keuangan, SDM dan Administrasi Hubungan Masyarakat PLN UP Banjarmasin, Hj Sri Mulyowati membenarkan masih terjadi pemadaman listrik pada beberapa wilayah terdampak.

“Kejadian ini dipicu oleh beberapa tiang listrik yang kena pohon tumbang sehingga mengalami gangguan, ada jaringan tiang listrik, konduktor yang tertimpa pohon roboh dan putus di Jalan Padat Karya Sungai Andai,’’ ujar Sri

Akibat robohnya pohon tersebut secara otomatis terjadi pemadaman listrik di beberapa wilayah yang aliran listriknya berasal dari konduktor itu.

Disebutkannya, petugas gabungan di lokasi kejadian tumbangnya pohon untuk melakukan pembersihan dan memperbaiki jaringan yang mengalami kerusakan.

“Kami sedang mengupayakan perbaikan agar secepatnya bisa berfungsi dengan normal,’’ jelasnya.

Hingga saat ini pihaknya masih belum bisa memastikan kapan listrik berfungsi dengan normal, dikarenakan masih dilakukan recovery oleh petugas lapangan. (nid/vin/K-5)

loading...
Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya