KPU Balangan Launching Tahapan Pilkada 2020

Paringin, KP – Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Balangan, melakukan launching tahapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020 untuk mengingatkan kembali pelaksanaan pemilihan Bupati dan Wakil Bupati yang akan digelar pada 23 September 2020.

Launching pilkada tersebut dihadiri Bupati Balangan H Ansharuddin, Ketua KPU provinsi Kalsel Sarmuji, Bawaslu Kalsel, unsur Forkopimda, pimpinan parpol, Ketua KPU Balangan, Ketua Bawaslu Balangan, para bakal calon bupati dan wakil bupati, sejumlah Kepala OPD di lingkup Pemkab setempat, tokoh agama dan tokoh masyatakat, di Lapangan RTH Dispora Balangan, Kamis (12/12) kemarin.

Bupati Balangan H Ansharuddin mengatakan, acara ini untuk menyampaikan kepada publik hal-hal yang berkaitan dengan pelaksanaan pilkada yang akan dilaksanakan pada tahun 2020.

“Peristiwa politik itu nanti diharapkan bisa memberikan dampak yang baik dan positif bagi masyarakat, bisa memberikan nilai-nilai edukasi yang bermanfaat bagi masyarakat,” katanya.

Selain itu, mampu meningkatkan kualitas cara berdemokrasi sekaligus menjadi salah satu parameter untuk melihat bagaimana kinerja tatanan pemerintah daerah, dan juga bisa mengukur sejauh mana kualitas kerja lembaga politik di dalam menyikapi peristiwa-peristiwa politik yang ada di daerah maupun di pusat.

BUPATI BALANGAN – H Ansharuddin, didampingi Ketua KPU Kalsel, KPU Balangan, Kapolre Balangan lepas Maskot Pilkada Balangan 2020 yang diikat dibalon. (KP/Ist)

Ansharuddin juga menjelaskan KPU merupakan instrumen yang sangat menentukan terhadap keberhasilan berlangsungnya tahapan pilkada, sehingga KPU harus mampu melaksanakan seluruh tahapan, perencanaan pilkada secara matang, objektif, dan adil.

Berita Lainnya
1 dari 1.259

“Oleh karena itu, kegiatan ini menjadi penting untuk mengawali seluruh rangkaian tahapan pilkada yang akan berlangsung pada tahun 2020,” katanya.

Orang nomor satu di Balangan berharap baik tahapan pelaksanaannya maupun perencanaannya bisa dilaksanakan sematang mungkin agar produk yang dihasilkan nanti dalam peristiwa politik ini benar-benar dapat berjalan dengan baik, kondusif, dan tentu dengan cara yang penuh suka cita.

Ketua KPU Kalsel Sarmuji mengatakan, bahwa KPU Balangan telah mengeluarkan perangkat perangkat aturan pedoman teknis untuk penyelenggaraan pimilihan bupati dan wakil bupati Balangan nanti.

“Mereka yang melaksanakan pemilihan umum nantinya bisa memverifikasi data diri secara faktual,” ujarnya.

Sementara, Ketua KPU Balangan Saripani menyampaikan, dalam waktu dekat ini KPU Balangan akan menerima penyerahan dukungan bakal pasangan calon perseorangan yaitu sekitar bulan Februari 2020.

Selanjutnya untuk jalur partai politik, jalur perseorangan, jalur suara sah partai politik di DPRD Balangan akan diterima pendaftaran seluruhnya pada sekitar bulan Juni – Juli 2020.

“Untuk masa kampanye nanti dilaksanakan pada bulan Juli sampai September 2020,” katanya.

Terkait dengan itu, pihaknya mengingatkan seluruh masyarakat Balangan untuk menyukseskan Pilkada 2020, karena pelaksanaan pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Balangan tahun 2020 adalah bagian dari hak masyarakat.

“Hal itu bagian dari hak politik masyarakat dan bagian daripada kepentingan kita semua, sukseskan pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Balangan tahun 2020,” imbuhnya. (jun/K-6)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
loading...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya