Mensos Salurkan Miliaran Rupiah untuk Banjarmasin

Banjarmasin, KP – Hari Kesetiakawanan Sosial Tahun 2019 ini sepertinya membawa berkah tersendiri bagi masyarakat dan Pemerintah Kota Banjarmasin.

Betapa tidak, selain rangkaian kegiatan HKSN 2019 di kota berjuluk seribu sungai dinilai sukses, Pemko Banjarmasin juga mendapat bantuan dana dari Kementerian Sosial RI sebesar Rp47.152.075.000.

Bantuan tersebut diserahkan langsung oleh Menteri Sosial RI, Juliari P Batubara, kepada Walikota Banjarmasin H Ibnu Sina.

Bantuan lain yang diterima Pemko Banjarmasin dalam kegiatan Bulan Bakti Kesetiakawanan Sosial yang dilaksanakan di kawasan bekas Perkantoran Gubernur Kalsel, di Jalan Panglima Sudirman, Banjarmasin itu adalah 1000 paket Sembako dan 350 paket peralatan sekolah senilai Rp140.500.000 dari BRI Peduli yang diterima Kadis Sosial Kota Banjarmasin Iwan Ristianto.

Dalam kegiatan yang dihadiri para kepala daerah se Indonesia itu, Juliari P Batubara juga menandatangani prasasti tanda diresmikannya titian Murung Selong, yang terletak di Kelurahan Sungai Lulut, Kecamatan Banjarmasin Timur.

Bantuan lain yang juga diserahkan dalam kegiatan tersebut adalah, bantuan sosial senilai Rp94.638.600.000 berbentuk perlengkapan sekolah keluarga kurang mampu/miskin, sembako keluarga kurang mampu/miskin, kursi roda, alat bantu dengar, tongkat, kacamata, sembako Lansia, paket sembako untuk penerima PKH, apresiasi anak PKH berprestasi, pemberian sertifikat KPM Graduasi Mandiri, rehabilitasi sosial (ODHA) melalui Program KIE, alat bantu disabilitas kaki/tangan palsu.

Sedangkan bantuan dari Mitra Kementerian Sosial RI, berupa pemberian hak sipil (buku nikah), pemberian hak sipil (akta lahir). Paket hadiah untuk anak keluarga kurang mampu/miskin, bantuan alat disabilitas, bantuan kacamata baca untuk Lansia, jembatan kayu, toilet umum, sistem air bersih, paket makanan, tas sekolah dan alat-alat tulis, paket sembako, perlengkapan ibadah (mukena), kaos LBKS dan tumbler.

Berita Lainnya
1 dari 1.806
Loading...

Sebagai tuan rumah dalam rangkaian kegiatan tersebut, H Ibnu Sina menyatakan sangat gembira dengan kedatangan para tamu HKSN 2019 ke Bumi Kayuh Baimbai, terlebih seluruh rangkaian acara di kota ini dinilai sukses, sehingga sangat memungkinkan memberi kesan baik kepada seluruh tamu. “Kami dengan sangat senang hati menyambut kedatangan bapak dan ibu, sehingga acara kita menjadi sangat berkesan,’’ ujarnya, saat menyampaikan sambutannya mewakili Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor, Kamis (19/12).

Dijelaskannya lagi, semua kegiatan tetap perjalanan Lintas Batas Kesetiakawanan Sosial (LBKS) yang merupakan rangkaian kegiatan HKSN 2019 di Kalsel dipimpin langsung oleh Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor, hal tersebut bertujuan untuk membangun spirit kebersamaan agar menjadikan Indonesia lebih baik.

“Bapak Gubernur langsung yang memimpin etape-etape perjalanan Lintas Batas Kesetiakawanan Sosial (LBKS) hingga terakhir diserahkan di tengah-tengah Sungai Martapura, luar biasa saya menerimanya dari Kabupaten Banjar, sehingga ini kemudian menjadi sebuah spirit bersama untuk kita tetap menjadi Indonesia yang sebenarnya,’’ pungkasnya.

Menteri Sosial RI, Juliari P Batubara, dalam sambutannya mengatakan, Bulan Bakti Kesetiakawanan Sosial ini merupakan momen untuk memperlihatkan dan mengimplementasikan kekuatan, kebersamaan dan kekompak anantar komponen bangsa untuk menangani permasalahan sosial.

Tahun 2019 ini, Bangsa Indonesia masih dihadapkan pada tantangan-tantangan dalam bentuk musibah, baik itu bencana alam, maupun bencana sosial.

Meski begitu, Juliari P Batubara tetap ingin seluruh elemen bangsa ini tetap bersemangat untuk bersama-sama menghadapinya. “Bangsa Indonesia adalah bangsa yang berketuhanan, sehingga setiap tindakan perlu dasar dengan doa, ketulusan dan keikhlasan berserah diri kepada tuhan yang maha kuasa,’’ ucapnya.

Tema HKSN tahun ini adalah Kesetiakawanan Sosial Menembus Batas. Tema ini merupakan implementasi nilai kesetiakawanan untuk menembus batas-batas serta sosial, yang menghalangi kemajuan, mencairkan kebekuan hubungan yang mungkin muncul di tengah masyarakat, agar makna kebersamaan dan keseimbangan kembali hadir dan menjadi komitmen bersama Bangsa Indonesia.

Dalam kegiatan tersebut, Mensos dan walikota Banjarmasin juga berkesempatan mengunjungi stand-stand kegiatan sosial yang ada di kawasan tersebut. (rel/K-5)

loading...
Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya