Tak Berani Berinovasi, Separo WUB di Banjarmasin Redup

Banjarmasin, KP – Hampir separo dari ribuan Wira Usaha Baru (WUB) binaan Dinas Koperasi Usaha Menengah dan Tenaga Kerja (Diskum TK) berada diujung tanduk, padahal 1882 WUB itu selalu dibina oleh instansi terkait.

PLT Kepala Diskum TK, Norbiansyah menyebutkan sejak 4 tahun silam program WUB tersebut sudah bisa membentuk 1882 wirausaha, namun sayangnya hampir 50 persen dari jumlah tersebut harus redup.

Dipaparkannya, penyebab dari gulung tikarnya separo dari jumlah ribuan WUB itu akibat banyaknya pelaku usaha belum siap terjun dalam dunia perdagangan. Sehingga mereka kalah bersaing dengan unit usaha lain.

“Padahal dari pihak pemerintah sudah memberikan pembinaan rutin mulai dari cara pembuatan hingga pemasarannya,” bebernya.

Pria yang kerap disapa Norbi ini mengungkapkan pola pikir masyarakat yang pengen instan turut menjadi kendala dalam mengembangkan sebuah usaha, sehingga membuat wirausaha yang dibina mudah untuk menyerah dan pasrah akan keadaan.

“Padahal, tidak ada usaha yang langsung besar, semua butuh proses untuk menjadi sebuah usaha yang besar dan maju,” ungkapnya.

Terpisah, Kabid UMKM DiskumTK Kota Banjarmasin Sri Rusnani menambahkan dari wira usaha yang tumbang kebanyakan berasal dari sektor wira usaha kuliner.

“Terkadang usaha kuliner yang tumbang tersebut karena kurangnya inovasi dalm hal pengemasan,” katanya.

Ia menjelaskan hingga saat ini unit usaha yang tetap bertahan dan masih laku dipasaran adalah usaha jasa seperti babershop, las, menjahit, dan teknik mesin.

“Kami akan selalu membuka ruang untuk para pelaku usaha mikro yang hendak konsultasi dan mencari jalan keluar untuk permasalahan yang menimpanya usahanya,” terangnya.

Ia berharap para pelaku wirausaha baru, bisa mengembangkan bakat yang dimilki dan selalu melakukan inovasi baik dalam hal kemasan, produk yang dihasilkan, maupun dalam hal promosi penjualan.

“Kalau semua ini diperhatikan maka saya yakin usaha ini akan berkembang, apalagi kuliner sudah bisa dipastikan kemasan sangat berdampak,” tutupnya. (zai/KPO-2)

Loading...
Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

loading...