2020 DPUPR Programkan Penataan Trotoar dan Drainase

Banjarmasin, KP – Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang ((DPUPR) Kota Banjarmasin terus melakukan upaya peningkatan kualitas jalan. Salah satunya melalui pembenahan trotoar dan drainase sebagai bagian yang tidak terpisahkan dari ruas jalan.

“Keberadaan trotoar yang dilengkapi drainase jalan yang terhubung sangat penting untuk menghindari terjadinya genangan dan memperpanjang usia layanan jalan,’’ kata Kepala Dinas PUPR Kota Banjarmasin, Arifin Noor.

Hal itu dikemukakannya kepada KP belum lama ini, usai rapat kerja dengan Komisi III DPRD Kota Banjarmasin dengan agenda evaluasi realisasi pelaksanaan anggaran 2019 dan program kegiatan tahun 2020.

Ditandaskan Arifin Noor, pembangunan drainase jalan sangat penting untuk menghindari terjadinya genangan pada ruas jalan di saat musim hujan yang nantinya terhubung pada pembuangan saluran air akhir, seperti sungai.

Menyinggung pembangunan dan penataan drainase yang diprogramkan khususnya wilayah perkotaan, ia menyebutkan, salah satunya diantaranya kawasan Jalan Haryono MT. “Termasuk di kawasan Jalan A Yani akan didanani melalui APBD,’’ ujarnya.

Dikemukakan, selain drainase, DPUPR juga memprogramkan pembangunan dan penataan trotoar untuk fasilitas bagi pejalan kaki. Masalahnya, karena fasilitas trotoar apalagi untuk penyandang cacat (disabilitas) di kota ini masih sangat minim.

Berita Lainnya
1 dari 1.746
Loading...

Arifin Noor mengemukakan, dalam kunjungan kerja dilaksanakan komisi III bersama DPUPR Kota Banjarmasin ke Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPUR) pada pertengah Desember 2019 lalu, berhasil memperjuangkan bantuan anggaran guna memperbaiki dan membangunan infrastruktur bagi pejalan kaki.

“Dengan bantuan anggaran yang dijanjikan pemerintah melalui Kementerian PUPR, sesuai rencana pembangunan trotoar untuk pejalan kaki dalam tahun anggaran 2020 ini akan dibangun disepanjang Jalan Hasan Basri atau Kayu Tangi, dibagian kiri dan kanan,’’ kata Arifin Noor.

Ia menjelaskan, dalam kunjungan keja ke Kementerian PUPR dalam kerangka meminta masukan serta koordinasi terkait perencanaan dan realisasi peningkatan infrastruktur jalan dan jembatan di Kota Banjarmasin.

“Namun saat pertemuan berlangsung kami dijanjikan bantuan anggaran untuk pembangunan fasilitas pejalan kaki dan jalan,’’ ungkap Arifin Noor.

Lebih jauh ia menjelaskan, fasilitas pejalan kaki tersebut akan dibangun sesuai dengan program dan konsep direncanakan dengan memberikan akses tambahan bagi penyandang cacat atau ramah disabilitas.

Direncanakan, kata Arifin Noor, dikawasan itu akan dibangun fasilitas pejalan kaki layaknya kawasan Jalan A Yani Banjarmasin yang ramah disabilitas dan terdapat taman minimalis serta tempat duduk bagi pengguna jalan dan warga untuk beristirahat.

Sebelumnya Ketua Komisi III DPRD Kota Banjarmasin, Muhammad Isnaeni mengemukakan, selain bantuan anggaran pembangunan trotoar, Kementerian PUPR juga menjajikan akan melakukan proses pembangunan atau peningkatan akses jalan di kawasan Pelabuhan Triskati hingga ke Jalan Lingkar Dalam Selatan yang akan menghubungkan ke Fly Over Jalan A Yani. (nid/K-5)

loading...
Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya