Buah Pampakin Maratus dan Mantuala Kuning Layuh Juara 

Barabai, KP – Mantuala Kuning Layuh dan Pampakin Maratus Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST), berhasil menjadi juara satu dan dua kontes durian dalam kategori aneka durian yang digelar di Areal Wisata Kiram Park Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan, Sabtu (18/1).

Juara satu pampakin meratus dengan umur pohon 15 tahun milik Syahrudi asal pancur bungur desa Tilahan kecamatan Hantakan sedangkan  juara dua mantuala kuning layuh dengan umur pohon 8 tahun milik H Radiansyah dari desa Layuh kec Batu Benawa yang keduanya berada diKabupaten Hulu Sungai Tengah.

Keberhasilan ini tidak terlepas dari binaan dan support serta kebijakan Kabupaten HST di bawah kepemimpinan H A Chairansyah yang konsisten menjaga lingkungan dan mampu meningkatkan perekonomian masyarakat melalui pemanfatan lingkungan hidup, selaras dengan harapan paman Birin .

Berita Lainnya

Operasi Yustisi Protkes Sisir Tempat Wisata di HST

Tim Penegak Protokol Kesehatan HST Gencarkan Razia

1 dari 1.203
Loading...

Chairansyah berharap peraihan juara di kontes durian ini hendaknya tidak cukup sampai disini saja yang terpenting dari penghargaan adalah bisa terus memotivasi semua masyarakat untuk  menjaga dan memanfaatkan alam dengan tidak merusak alam itu sendiri minimal di lingkungan disekitarnya ,” terangnya.

Gubernur Kalsel, Sahbirin Noor alias Paman Birin dalam sambutannya mengatakan diperlukan mengganti menstarformasikan sumber daya alam yang tidak terbarukan menjadi sumber alam yang terbarukan salah satu contohnya adalah didalam bidang atau dunia pertanian hari ini keluaran adalah buah – buahan salah satunya buah durian, beliau berharap dengan buah durian ini bisa bermanfaat, bisa memberikan kesejahtetaan buat masyarakat Kalimantan Selatan.

“Melalui festival durian ini, kita bisa mengembangkan usaha ekonomi kerakyatan melalui perkebunan serta meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan masyarakat sekitar,” ucap paman Birin , dalam sambutan sekaligus membuka secara resmi kontes durian  dan buah Eksotis Kalsel, selain kontes durian juga digelar acara Gratis makan durian dan buah lokal bersama paman birin sapaan  Gubernur Kalsel, Sahbirin Noor.

Paman Birin juga mengatakan durian yang disediakan tidak boleh dibawa pulang, tetapi dimakan ditempat, diarea Wisata Kiram Park bersama – sama dimulai komando langsung olehnya dari atas panggung utama.

Durian yang ada di Areal wisata kiram Park ribuan jumlahnya. Tapi durian sebanyak itu juga langsung habis dilibas oleh pecinta durian. yang datang lebih awal dari jam 08 pagi ribuan warga berbondong bondong memadati area Kiram Park. (adv/ary/K-6)

loading...
Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya