Kalsel bisa menjadi tuan rumah Kejurnas beberapa cabor

Banjarmasin, KP – Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Provinsi Kalimantan Selatan, H Hermansyah menyatakan, daerah ini akan siap menjadi tempat penyelenggaraan Kejuaraan Nasional (Kejurnas) beberapa cabang olahraga, apabila renovasi fasilitas olahraga yang ada selesai direnovasi secara total.

Kadispora mengutarakan hal itu melalui Kepala Bidang Pembinaan Olahraga Prestasi Dispora Kalsel, Fitri Hernadi kepada wartawan, kemarin.

Dikatakannya, Gubernur Paman Birin dengan slogan ‘Bergerak’ (Berjuang Gelorakan Rakyat) meminta supaya sejumlah sarana dan prasarana olahraga di Kalimantan Selatan tetap menjadi perhatian pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan untuk dilakukan pembenahan dan perbaikan. Telah dilaksanakan sejak 2019 tadi dan beberapa sudah menyelesaikan program tahap pertama.

Kemudian pada tahun 2020 ini sejumlah sarana olahraga kembali akan dilakukan renovasi, diantaranya adalah lanjutan renovasi stadion 17 Mei Banjarmasin tahap kedua, lanjutan renovasi gelanggang olahraga (GOR) Hasanuddin HM dan lapangan sepakbola Kayu Tangi Banjarmasin

Menurut Kadispora melalui M Fitri Hernadi, stadion 17 Mei akan kembali dilakukan renovasi dengan biaya Rp 50 miliar.

“Renovasi resmi dilakukan oleh Dinas PUPR (Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat) Kalsel dengan biaya sekitar 50 miliar,” kata Fitri.

Renovasi ini merupakan lanjutan dari renovasi sebelumnya yang hanya Rp 13 miliar, untuk renovasi peninggian Tribun VIP anggaran tahun 2019.

Untuk renovasi tahap 2, renovasi meliputi lapangan standar internasional dengan rumput sintetis kemudian peninggian Tribun kiri dan kanan Tribun VIP.

‘’Kalau renovasi kedua ini tuntas, Insya Allah stadion 17 Mei Banjarmasin akan benar-benar bias menjadi kebanggaan dan sangat layak untuk menggelar even sepakbola nasional dan internasional,’’ tambah Fitri Henadi, pejabat di Dispora yang mantan Nanang Banjar ini.

Dilanjutkan dengan rehab GOR Hasanuddin HM tahap kedua. “untuk tahap pertama sudah selesai dan rencananya akan diresmikan Senin depan ini kelanjutannya saja ada beberapa yang perlu dibenahi lagi,” ujar dia.

Berita Lainnya

PABBSI akan dibubarkan

1 dari 222
Loading...

Berikutnya adalah renovasi Lapangan Tenis Dharma Praja Banjarmasin dengan memberikan tribune yang nyaman bagi para penonton, sehingga memenuhi standar untuk menggelar even tennis nasional.

Tidak hanya itu SKB pun juga ikut dilihat salah satunya adalah sarana angkat besi di PPLP Kalimantan Selatan.

“Ruang angkat besi kan kecil dan gabung dengan PPLP anak ini akan dipindah ke SKB yang akan direnovasi,” ujar Fitri.

Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan kata Fitri ingin kembali menghidupkan prestasi angkat besi di Kalimantan Selatan seperti beberapa tahun silam, yang melahirkan atlet angkat besi internasional seperti lifter Eko Yuli Irawan.

Lalu ada juga renovasi lapangan kayu Tangi Banjarmasin yang juga memasuki tahap kedua. Tahap pertama sudah dilakukan dengan anggaran 1, 3 miliar.

“Tahap pertama hanya mengangkat lapangan renovasi kedua nanti akan dilakukan pemasangan Tribun tempat duduk bagi para penonton,” ujar dia.

berikutnya adalah lapangan voli pasir Gatot Subroto juga menjadi perhatian untuk dilakukan renovasi. Tidak hanya itu lapangan panahan yang berada di komplek GOR Hasanuddin HM juga bakal ikut di benahi.

“lapangan panahan ini kan untuk jarak 50 sampai 70 meter itu mengenai rumah warga agar lebih nyaman para atlet melakukan latihan maka akan dilakukan renovasi,” tambah dia.

terakhir adalah pembuatan pagar tanaman dan paving block di mess atlet yang juga berada di kompleks GOR Hasanuddin HM Banjarmasin.

Tidak hanya sarana dan prasarana fasilitas penunjang latihan bagi para atlet pun akan ikut disiapkan oleh pemerintah provinsi, pungkasnya. (rel/nfr/k-9)

loading...
Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya