Komisi IV Dukung Rencana Pemko Membangun Sport Center

Banjarmasin, KP – DPRD Kota Banjarmasin, menyatakan apresiasi dan dukungan terhadap rencana Walikota H Ibnu Sina dan Wakil Walikota H HH Hermansyah untuk membangun pusat olahraga atau sport center.

Terkait guna merealisasikan rencana tersebut, Komisi IV DPRD Kota Banjarmasin menggelar rapat kerja dengan mengundang Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kota Banjarmasin, Senin (20/1).

Ketua DPRD Banjarmasin, HM Yamin mengakui, untuk memaksimalkan pembinaan dan meningkatkan prestasi atlet di Kota Banjarmasin, Pemko sudah saatnya untuk membangun dan menyediakan sebuah sport center.

“Mengingat atlet berprestasi banyak di sini dan jadi andalan Kalsel, baik untuk berlaga di tingkat nasional mapun internasional,’’ ujar saat menghadiri rapat kerja komisi IV dengan Dispora Kota Banjarmasin.

Sebelumnya HM Yamin mengemukakan, dengan dibangunnya sport center itu selain diharapkan pembinaan kepada atlet akan lebih maksimal juga dihadapkan akan lahir atlit olahraga berprestasi.

Senada, Ketua Komisi IV DPRD Kota Banjarmasin, Matnor Ali menilai, mewujudkan keinginan itu bisa dilakukan secara bertahap oleh pemerintah kota. Persiapan bisa mulai dari perencanaan saat ini hingga pembangunan fisiknya kedepannya.

“Termasuk menyiapkan lahannya, hingga jika sudah terencana dan matang dapat direalisasikan,’’ papar Politisi Golkar tersebut.

Berita Lainnya
1 dari 1.781
Loading...

Ditambahkannya, pembinaan kepemudaan dan olahraga memang harus ditingkatkan, karena menyangkut kualitas dan prestasi generasi akan datang.

“Dalam rapat tadi kita koordinasikan terkait anggaran, Dispora Banjarmasin dapat alokasi Rp17 miliar, sebagian besar untuk keolahragaan,’’ tuturnya, seraya menningatkan terkait penyerapan pelaksanaan anggaran ini komisi IV akan terus melakukan pengawasan setiap tiga bulan sekali.

Dengan tujuan, tandas Matnor Ali, semua program atau kegiatan yang sudah direncanakan seluruh SOPD yang menjadi mitra kerja komisi IV, termasuk Dispora direalisasikan sesuai alokasi anggaran yang telah ditetapkan melalui APBD.

Sementara Kadispora Kota Banjarmasin, M Taufik Rivani menerangkan, program pengembangan keolahragaan menjadi fokus pihaknya tahun ini, sebab banyak atlet Banjarmasin yang akan mengikuti Pekan Olahraga Nasional (PON) 2020 di Papua.

Namun demikian, terkait usulan dewan agar Pemko Banjarmasin membangun sport center, Taufik mengemukakan, dalam tahun 2020 ini belum dianggarkan. “Karena selain membutuhkan dana cukup besar, saat ini kendala dihadapi sulitnya mencari lahan yang cukup luas. Meski keinginan itu tetap ada,’’ ujarnya.

Taufik Rivani mengemukakan, Dispora berencana akan membangun tiga titik lapangan bola, sekaligus di lahan itu akan dibuat sport center mini.

Sebelumnya terkait rencana pembangunan spor center, beberapa waktu lalu pernah dikemukakan Wakil Walikota Banjarmasin, Hermansyah. Menurutnya dalam kerangka menyehatkan masyarakat dengan berolahraga, Pemerintah Kota Banjarmasin akan membangun sport center di kawasan Sungai Andai, Kecamatan Banjarmasin Utara.

Bahkan Hermanyah yang juga Ketua KONI Kota Banjarmasin ini mengemukakan, terkait rencana itu telah memasuki proses membuat Detail Engineering Design (DED). Menurut Hermansyah, lahan yang akan dibangun di kawasan Sungai Andai ini cukup luas, sehingga sport center layak dibangun di sana. (nid/K-5)

loading...
Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya