Pampangan Sempat Memasuki Sungai Kuin

Banjarmasin, KP – Pampangan yang mirip tumpukan eceng gondok yang sempat memasuki kawasan Sungai Kuin pada Rabu (8/1) sore, sebagai kejadian luar biasa (KLB).

Bahkan hingga saat ini masih menganalisa penyebab kejadian itu dengan cara menggali informasi dari warga sekitar bantaran sungai. Karena menurutnya, melihat dari peta sungai, eceng gondok di Sungai Barito tak mungkin memasuki wilayah Sungai Kuin, kata Kepala Bidang Sungai Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Banjarmasin, Hizbul Wathoni.

Kemungkinan itu terjadi, kecuali ada penghalang yang membuat sampah tahunan itu berbelok masuk ke Sungai Kuin. “Kami akan menggali info ke warga sekitar, karena kalau kami analisa dari peta hampir tidak mungkin sampah-nya masuk dari Sungai Barito, kecuali ada halangan di muara Sungai Kuin,” ucapnya, kemarin (9/1).

Berita Lainnya

Satu Anak Digigit, 4 Anjing Liar Dibius

Dewan Atur Sanksi Pelanggaran Prokes

1 dari 1.775
Loading...

Toni menduga, adannya penghalang berupa beberapa kapal tongkang di sekitar muara. “Mungkin ada barisan tongkang yang parkir di sekitar muara Kuin, yang akhirnya membuat sampah-sampah dari hulu belok masuk ke dalam Sungai Kuin,” ucapnya.

Karena dari pantauan bahwa, tumpukan eceng gondok sudah tak terlihat, baik di Sungai Kuin maupun di Sungai Barito. Tapi untuk di muara Sungai Kuin dikatakannya, masih ada beberapa eceng gondok yang masih menyangkut di beberapa kapal yang parkir.

Bahkan, menurut Toni, tumpukan eceng gondok di Sungai Kuin sedikit berbeda dengan yang terjadi di Sungai Martapura. Jika di Sungai Martapura, eceng gondoknya bercampur dengan ranting kayu, sehingga susah terurai sampahnya.

“Sedangkan yang terjadi Sungai Kuin kemarin, tumpukan eceng gondok kiriman dari Sungai Barito itu tidak tercampur dengan ranting. Sehingga bisa terurai dan larut kembali seiring surutnya sungai,” demikian Kepala Bidang Sungai Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Banjarmasin, Hizbul Wathoni.(vin/K-5)

loading...
Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya