Setiap Kecamatan Diminta Dirikan Posko Siaga Bencana

Batulicin, KP – Menyusul masuknya musim penghujan serta mengantisipasi terjadinya bencana alam akibat musim penghujan, Bupati Tanah Bunbu H Sudian Noor meminta kepada jajaranya khususnya Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tanah Bumbu untuk mendirikan Pos-pos siaga bencana disetiap Kecamatan. Ini disampaikan nya  pada Rapat Koordinasi (Rakor), yang dilaksanakan di Kantor BPBD Tanbu Jalan Darma Praja Gunung Tinggi (8/1) kemarin. 

Pendirian Posko tersebut untuk lanjut dia, untuk  antsipasi menghadapai bencana alam seperti banjir, gelombang pasang, angin puting beliung dan tanah longsor. “Kita minta didirikan Posko induk BPBD juga posko kesehatan guna memberikan pelayanan pada masyarakat, disaat memasuki musim penghujan ini. 

Kita juga tidak menginginkan bencana terjadi, namun jika itu terjadi setidaknya kita sudah ada kesiapan menghadapi bencana tersebut,” Katanya. 

Sudian Noor juga minta kepada semua pihak untuk bersama-sama meningkatkan kewaspadaan mengantisipasi terjadinya bencana di musim penghujan, karena tidak hanya tanggung jawab BPBD dan relawan, masyarakat juga harus terlibat melalui kesadaran tanggap bencana.

Berita Lainnya
1 dari 1.186
Loading...

“Kita ketahui musibah banjir hampir terjadi setiap tahunya, maka dari itu kita semua harus siap siaga, termasuk masyarakat diminta selalu siap menghadapi musim penghujan,” Pinta Sudian Noor. 

Dia juga menghimbau pada pihak swasta ataupun perusahaan swasta untuk sama-sama terlibat dalam mengantisipasi bencana maupun pasca bencana di wilayah Kabupaten Tanbu.

Dalam rakoor tersebut, pihak BPBD Tanbu menjelaskan telah melakukan langkah-langkah antisipasi tanggap bencana dengan pemeriksaan penyiapan dan penyediaan peralatan tanggap bencana dan logistik, selain itu himbauan kepada masyarakat pemasangan spanduk dan pamflet siaga bencana serta akan segera mengaktifkan peralatan peringatan dini yang ada di Desa Jombang Kecamatan Satui yang menjadi langganan banjir setiap musim penghujan.

Selain itu BPBD Tanbu juga akan menggelar apel siap siaga dan simulasi bencana yang akan dilaksanakan di pantai pagatan.

Hadir dalam rakoor tersebut Plh Sekda Tanbu Mariani, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah, Perusahaan dan Dunia Usaha, Pimpinanan SKPD terkait, Camat serta Basarnas Kota Baru. (han)

loading...
Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya