Trafik Data XL Meningkat di Kalsel dan Kalteng

Banjarmasin, KP – PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) mengakui selama liburan akhir tahun, khusus trafik data di Kalsel dan Kalteng mengalami peningkatan yang signifikan, masing-masing mencapai sekitar 19% dan 17% dibandingkan trafik di hari normal.  

Kenaikan trafik kali ini juga lebih tinggi dibandingkan kenaikan trafik di periode yang sama tahun lalu yang mencapai sekitar 300%. Layanan data Game menjadi favorit pelanggan untuk mengisi masa liburannya, diikuti oleh Web Browsing dan Streaming.

Pengakuan yang disampaikan Group Head Central Region XL Axiata, Rd. Sofia Purbayanti melalui siaran persnya, yang disampaikan ke media, Sabtu. Sofia mengatakan, kenaikan trafik data di kedua daerah tersebut sesuai dengan prediksi awal karena trend penggunaan layanan data memang terus meningkat di sana di saat libur panjang, seperti juga ketika Lebaran lalu.

Disebutkan, kenaikan tersebut juga terpacu oleh terus meningkatnya jumlah pelanggan data di kedua daerah, selain tentunya intensitas penggunaan layanan data oleh kebanyakan pelanggan yang bertambah guna mengisi masa libur. Upload foto dan video sepertinya sudah menjadi keharusan saat liburan.

Berita Lainnya
1 dari 451
Loading...

Menurut Sofia, hal yang paling utama adalah mampu melalui masa liburan dengan lonjakan trafik ini dengan performa jaringan yang baik dan lancar. Tidak ada gangguan yang berarti. Jika jaringan aman, maka dengan sendirinya pelanggan nyaman dan trafik akan naik. Semua ini hasil dari upaya XL Axiata secara terus-menerus meningkatkan kualitas jaringan, baik dengan meningkatkan kapasitas, penerapan teknologi terbaru, hingga perluasan jaringan data 4G ke area-arae baru di seluruh Indonesia.

Kenaikan trafik data secara signifikan di Kalsel adalah Kota Banjarmasin dan Banjarbaru, yaitu sekitar 22% dibanding hari normal. Apalagi di Banjarbaru sudah mulai beroperasi Bandar Udara Internasional Syamsudin Noor sehingga menjadi pintu gerbang utama ke wilayah Kalsel baik dari wilayah dalam negeri maupun luar negeri. Martapura yang juga menjadi salah satu destinasi wisata lokal dan nasional, serta tujuan mudik lokal, juga memberikan kontribusi kenaikan trafik data, yaitu sekitar 64%.

XL Axiata juga telah memperkuat jaringan yang melayani area-area pusat keramaian dan aktivitas ekonomi di sekitar Kota Banjarmasin, antara lain di sepanjang sungai-sungai besar yang menjadi urat nadi ekonomi setempat. Termasuk juga di area yang meng-cover lokasi pasar terapung Lok Baintan di Sungai Martapura, yang menjadi tujuan wisata paling atraktif di Banjarmasin.

Sementara itu di wilayah Kalimantan Tengah, trafik data di Kota Palangkaraya sebagai ibukota provinsi naik sekitar 36%. Sementara itu, jalur Palangkaraya – Bandara Tjilik Riwut menjadi salah satu area yang juga mengalami kenaikan trafik. Jaringan data 4G XL Axiata juga telah meng-cover sepanjang ?jalan raya yang menghubungkan Kalimantan Tengah? – Kalimantan Selatan sepanjang sekitar 195 km.(rel/K-1)

loading...
Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya