BUMDes Percontohan Di Tapin Dilauncing

Rantau, KP – Sebanyak 12 buah Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) di kabupaten Tapin mulai di launching, BUMDes ini merupakan percontohan di daerah ini.

Bupati Tapin Drs. HM Arifin Arpan, MM untuk pertama kalinya melauncing Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) percontohan sekaligus penandatangan Momerandum Of Understanding (MoU) dengan pihak Bank BRI Cabang Rantau pada Senin (04/02/2020) lalu bertempat di Lapangan Dwi Darma Rantau.

Sebanyak 12 BUMDes dari 12 Kecamatan yang menjadi pilot project atau percontohan untuk pengembangan usahanya dengan dibantu oleh pihak Bank BRI Cabang Rantau.

Penandatangan langsung dilakukan oleh Bupati Tapin HM Arifin Arpan dan Pimpinan BRI Cabang Rantau Aris Abdillah, disaksikan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) kabupaten Tapin Rahmadi, dan perwakilan dari PMD Provinsi Kalsel.

Kepala Dinas PMD Tapin Rahmadi, menjelaskan bahwa dari 126 Desa yang ada di Tapin, ada satu Desa yang berhasil dalam mengelola BUMDesnya.

“Kegiatan ini di acarakan dengan launching oleh Bupati Tapin untuk memotivasi desa yang lain yang ada di kabupaten Tapin agar bisa terus berkembang, ” Ungkapnya.

Berita Lainnya
1 dari 1.131
Loading...

Dijelaskannya lagi bahwa lewat BUMDes ini diharapkan salah satu cara untuk membantu meningkatkan perekonomian masyarakat, oleh karena itu kepada Kepala Desa bisa menambah anggaran untuk pengembangan BUMDes.

“Untuk saat ini sudah ada BUMDes yang paling tinggi pendapatannya yaitu sebesar Rp 15 juta pertahun,” Jelasnya.

Sementara itu pihak Bank BRI untuk memberikan 3 (tiga) pelatihan kepada pengurus BUMDes yaitu pertama untuk branding BUMDesnya, menyediakan layanan usaha berupa Brilink untuk layanan usaha dan memberikan pelatihan pengurus BUMDes terkait bagaimana melakukan usaha dan fasilitas usaha dan peluang usaha.

“Total bantuan uang diberikan sebesar 65 juta rupiah, mudah-mudahan dengan adanya bantuan tersebut pengelola BUMDes dapat semangat dalam memajukan desanya melalui BUMdes.” Pungkasnya.

Sementara itu Bupati Tapin, HM Arifin Arpan, mengatakan bahwa BUMDes adalah satu kegiatan yang digerakkan dan diberdayakan oleh pemerintah pusat, untuk kemajuan daerah, untuk itu ia berharap Kabupaten Tapin harus bisa mengikuti dengan cara mengembangkan BUMDes.

“Perkembangan BUMDes bisa meningkatkan perekonomian dan manambah penghasilan Desa, untuk membantu pembangunan,” tuturnya.

Menurut bupati dengan adanya kerjasama ini, pengelola BUMdes dapat menjalankan usahanya dengan baik dan jangan sampai putus ditengah jalan atau tinggal namanya. (ari/K-6)

loading...
Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya