Daya Beli Masyarakat Kalteng Melemah

Kondisi ekonomi konsumen awal tahun ini menurun dibandingkan dengan triwulan ke IV akhir tahun. 2019 lalu. Indeks Tendensi Konsumen (ITK) Kalteng priode akhir tahun lalu mencapai 106,29.

PALANGKA RAYA, KP — Badan Pusat Statistik (BPS) Kalteng memprediksi pada trielwulan I Tahun 2020 ini daya beli masyarakat melemah. Hal itu diawali turunnya Indek Tendensi Konsumen (ITK) yang hanya akan mencapai 97,68, sementara ITK tahun lalu mencapai 106,29,

Dalam rilis yang dikemukalan Kepala BPS Yomin Tofri, Rabu (5/2) memperkirakan kondisi ekonomi konsumen awal tahun ini menurun dibandingkan dengan triwulan ke IV akhir tahun. 2019 lalu. ITK Kalteng priode akhir tahun lalu mencapai 106,29.

Menguatnya daya beli konsumen akhir tahun lalu, disebabkan meningkatnya kondisi ekonomi warga Kalteng dibandingkan triwulan sebelumnya (III) yang hanya diangka 103,99.

Penyebab naiknya ITK akhir tahun dijelaskan, lantaran tingkat optimisme konsumen membaik dan inflasi cukup terkendali, sehingga daya beli meningkat. Triwulan IV lalu terlihat pendapatan rumah tangga naik

Berita Lainnya

Gubernur Dorong Penguatan Masyarakat Dayak

Gubernur Bantu Korban Banjir Gunakan Helikopter

1 dari 585
Loading...

Kenaikan bersumber dari hampir seluruh usaha, baik pertanian dan pengolahannya maupun pertambangan atau penggalian, sehingga Nilai Tukar Petani (NTP) dan Nilai Tukar Uaaha (NTUP) naik diatas angka 100.

Namun memasuki bulan Januari lalu dan Pebuari ini masyarakat konsumen justru menahan diri untuk berbelanja. Hal itu disebabkan ada beberapa komoditas pangan naik.

Yang paling mempengaruhi diprediksikan konsumen akan menahan pembelian barang tahan lama, dengan nilai indek 75,03.

Meski demikkan pihaknya memperkirakan pendapatan rumah tangga priode Januari-maret nanti justru tetap meningkat, sama dengan akhir tahun lalu yang mencapai 110,61.

Awal tahun ini biasanya menurut Yomin Tofri masyarakat konsumen menunda bahkan mengurangi kegiagan rekreasi, pesta hajatan dan belanja lainnya dalam jumlah besar.

Dampaknya, pertumbuhan ekonomi triwulan I tahun 2020 diperkirakan melemah dibandingkan triwulan IV tahun lalu. (drt/K-10)

loading...
Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya