IKA SMAN 1 Dikukuhkan, Diinisiasi Menjadi Inkubator Bisnis Alumni

Banjarmasin, KP – Ikatan Keluarga Alumni (IKA) SMAN 1 Banjarmasin diharapkan mampu menjadi wadah bisnis untuk mengembangkan produktivitas alumni dari sekolah tersebut agar tidak terpaku pada satu fokus menjadi abdi negara atau aparatur sipil negeri (ASN).

Hal ini diungkapkan oleh Ketua IKA SMAN 1 Banjarmasin, Abdul Haris Makkie pada kesempatan pengukuhan IKA SMAN 1 di Gedung Mahligai Pancasila, Banjarmasin, Sabtu 1/2/2020.

Menurut Haris begitu sapaan akrabnya, pihak IKA SMAN 1 Banjarmasin bakal membangun sektetariat sebagai wadah silaturrahmi dan inkubator bisnis yang bisa dimanfaatkan oleh para pengurus maupun anggota IKA SMAN 1.

“Kita berharap ada perubahan mindset di kalangan alumni, dengan adanya inkubator bisnis ini dapat merubah perilaku mereka bahwa ladang bekerja tidak hanya menjadi PNS,” ujarnya sesaat setelah dikukuhkan oleh Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor.

Berita Lainnya
1 dari 1.385
Loading...

Haris mengaku akan berupaya bersama para jajaran IKA SMAN 1 untuk membuat para alumni dapat terserap di berbagai sektor, “agar di berbagai sektor sektor itu juga ada alumni kita,” ucapnya.

Namun demikian, Haris mengakui hal ini tidak mudah dilakukan, butuh dukungan dari pemerintah setempat dan dukungan dari masyarakat, Ia menilai tanpa adanya dukungan dari kedua sektor tersebut maka organisasi seperti IKA SMAN 1 tidak bisa berkembang dengan baik.

“Kenapa pemerintah, tentu ini terkait dengan kebijakan, kerjasama juga misal dalam beberapa bidang seperti ekonomi dan lainnya, bukan berarti kita membebani pemerintah, namun ini lebih ke aspek kemitraan,” terang Haris.

Ia menegaskan, IKA SMAN 1 Banjarmasin nantinya dapat merubah mindset, khususnya para alumni yang baru agar tidak terpola mesti dan wajib bekerja menjadi PNS atau pegawai pemerintahan.

“Lewat IKA SMAN 1 ini nanti kita akan berusaha ubah anak anak atau adik adik kita yang akan menjadi alumni agar tidak terpola seperti itu, dengan inkubator bisnis ini diharapkan mampu mewujudkan perubahan mindset itu,” pungkasnya.

loading...
Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya