Tala Belajar Di Bandung Keterbukaan Informasi Publik PPID dan Pengelola SP4N

Pelaihari, KP – Pemerintah Kabupaten Tanah Laut (Tala) melakukan kegiatan pembelajaran tentang Pengelolaan Keterbukaan Informasi Publik dan Pengelolaan SP4N Lapor ke Pemerintah Kota Bandung, di Auditorium Rosada Kantor Pemkot Bandung, Jawa Barat pada Kamis (06/02/2020).

Kegiatan pembelajaran diikuti langsung oleh 65 peserta yang terdiri dari Pejabat Pengelola Informasi Dokumentasi (PPID), Pejabat Penghubung SP4N Lapor dan Admin Pengelola SP4N Lapor serta didampingi langsung oleh Sekretaris Daerah Tala Dahnial Kifli.

Kedatangan Sekda Tala beserta PPID, Pejabat Penghubung SP4N Lapor dan Admin Pengelola SP4N Lapor disambut oleh Staf Ahli Pembangunan Ekonomi dan Keuangan Pemkot Bandung, Dodi Ridwansyah serta Kepala Bidang Diseminasi Informasi Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Bandung Eli Herliani.

Pada kesempatan tersebut Staf Ahli Pembangunan Ekonomi dan Keuangan Pemkot Bandung, Dodi Ridwansyah mengucapkan terimakasih karena sudah dikunjungi oleh Pemkab Tala, ia pun mengatakan bahwa langkah yang diambil Pemkab Tala untuk melakukan pembelajaran tentang Pengelolaan Keterbukaan Informasi Publik dan Pengelolaan SP4N Lapor ke Pemerintah Kota Bandung adalah sebuah langkah yang sudah tepat, “Alhamdulillah kami setiap tahun mendapat penghargaan terkait Pengelolaan Keterbukaan Informasi Publik dan Pengelolaan SP4N Lapor, kami senang dapat berbagi ilmu dan wawasan kepada daerah lain, agar daerah lain juga bisa cepat maju” ucapnya.

Selain itu menurutnya dengan diadakannya kegiatan pembelajaran tersebut kedua daerah dapat menjalin silaturahmi, saling berbagi ilmu dan pengalaman di berbagai bidang.

Berita Lainnya
1 dari 1.182
Loading...

Sementara itu Sekda Tala Dahnial Kifli dalam sambutannya mengungkapkan bahwa pihaknya sengaja melakukan kunjungan pembelajaran ke Pemkot Bandung karena selama ini Pemkot Bandung terkenal dengan Keterbukaan informasi publiknya, selain itu Pemkot Bandung juga meraih beberapa penghargaan bergengsi pada bidang tersebut.

“Semoga dengan adanya kegiatan ini kita dapat menimba sebanyak-banyaknya ilmu dan informasi dari Pemkot Bandung, dan akan kita terapkan di Bumi Tuntung Pandang, sehingga keterbukaan informasi publik daerah kita bisa seperti Pemkot Bandung” ucap Dahnial Kifli.

Usai prosesi penyambutan, kegiatan pun dilanjutkan dengan pemaparan materi pembelajaran oleh pemateri yaitu Kepala Bidang Diseminasi Informasi Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Bandung Eli Herliani, dalam pemaparan materinya Eli mengungkapkan bahwa PPID di Kota Bandung sudah terbentuk bahkan sampai ke tingkat Sekolah Dasar sebagai Sub PPID Pendidikan, “Kedepan akan kita adakan PPID di Puskesmas-Puskesmas sebagai Sub PPID Kesehatan, sementara untuk Admin SP4N lapor sejak tahun 2018 sudah ada di tingkat kelurahan” ungkap Eli.

Lebih lanjut ia menjelaskan bahwa keluhan di sosmed dari masyarakat sanagt perlu diperhatikan, Eli menambahkan bahwa sejak Kepemipinan Walikota Ridwan Kamil dulu para pejabat Eselon II dan Eselon III serta seluruh SKPD wajib memiliki sosial media, sehingga keluhan masyarkat di medsos bisa dilihat langsung oleh pejabat atau SKPD terkait.

Eli Herliani juga mengatakan bahwa meskipun Pemerintah Daerah memiliki informasi yang wajib disediakan secara berkala dan terbuka, namun tetap ada informasi yang tidak bisa diberikan, yaitu Daftar Informasi Dikecualikan (DIK), “DIK berasal dari pengajuan dari masing-masing SKPD dan ada uji konsekuensi dengan pihak terkait termasuk dari Komisi Informasi Publik” katanya.

Kegiatan pun diakhiri dengan penyerahan cindera mata dari Pemkab Tala kepada Pemkot Bandung, yang diserahkan oleh Sekda Tala Dahnial Kifli dan diterima oleh Staf Ahli Pembangunan Ekonomi dan Keuangan Pemkot Bandung, Dodi Ridwansyah. (rzk/K-6)

loading...
Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya