Batola Bersih dari Virus Corona

Marabahan, KP – Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes), dr Azizah Sriwedari mengatakan, hingga saat di wilayah Kabupaten Barito Kuala (Batola) tidak ditemukan adanya sebaran Virus Corona.

“Hingga saat ini di Batola tidak ada orang atau pasien yang terdampak Virus Corona,” paparnya saat menjadi Pembina Apel Gabungan di halaman Kantor Bupati Batola, Senin (16/03/2020).

Pernyataan Kadinkes Batola ini tentu saja membuat lega masyarakat, khususnya peserta apel. Mengingat Batola yang notabenenya banyak beroperasi perusahaan kelapa sawit yang mempekerjakan tenaga asing, khususnya China, juga perairannya dalam aktivitas keseharian sering dilewati tongkang pengangkut batubara yang pekerjanya juga terdapat dari luar.

Di hadapan seluruh peserta apel mulai para pelaksana, pejabat fungsional tertentu, pejabat eselon IV, III, II hingga Pj Sekda H Abdul Manaf, Azizah mengutarakan, dalam mengantisipasi penyebaran Virus Corona atau COVID-19 pihaknya sempat melakukan pemantauan beberapa orang namun sampai batas akhir ternyata orang itu dinyatakan sehat. Karena itu, ia mengajak seluruh peserta apel untuk berdoa agar Batola benar-benar terhindar dari penularan virus mematikan tersebut.

Berita Lainnya

Batola dan Kejari Jalin Kerjasama Penanganan Hukum

Kodim 1005 Luncurkan Tim Mobile

1 dari 1.156
Loading...

Menyinggung apa yang telah dilakukan Dinkes dalam melindungi masyarakat terhadap sebaran Virus Corona, Kadinkes Batola itu mengatakan, pihaknya pada akhir Januari 2020 sudah memperingatkan para petugas puskesmas untuk melaksanakan kesiapsiagaan pelayanan terhadap penyebaran Virus Corona.

Selain itu, tambahnya, pihaknya juga telah membuat SOP berdasarkan petunjuk dari kementerian jika sekiranya ditemukan orang yang dicurigai terpapar di samping melaksanakan kerjasama dengan dinas instansi dalam memantau tenaga kerja asing namun hingga melewati masa pantauan ternyata tidak ada yang terkena dan dinyatakan sehat.

“Kami juga sudah membuat Surat Edaran Bupati terhadap dinas instansi terkait tentang kesiapsiagaan di samping menyiagakan tim reaksi cepat yang ada serta melakukan sosialisasi prilaku hidup bersih dan sehat,” timpalnya.

Kadinkes Batola itu juga berencana akan menghadap pimpinan untuk meminta petunjuk dan langkah-langkah yang akan dilakukan dalam mengantisipasi dan melindungi masyarakat agar terhindar dari kasus COVID-19.

“Rencananya hari ini kami menghadap untuk meminta petunjuk dan arahan dalam upaya pencegahan yang tepat,” paparnya sembari meminta para ASN untuk menjaga diri dengan meningkatkan daya tahan tubuh serta penerapan prilaku hidup bersih dan sehat. (ang/K-6)

loading...
Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya