Bawaslu HST Sosialisasi Pengawasan Partipatif Pilkada Tahun 2020

Barabai, KP – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST) mengadakan kegiatan Sosialisasi Pengawasan Partisipatif Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Tahun 2020 yang digelar di Hotel Green Mutiara Rabu (4/3/2020).

Kegiatan yang dilaksanakan oleh Bawaslu HST ini bertujuan untuk mengajak masyarakat ikut berperan aktif mengawasi jalannya proses demokrasi yang sebentar lagi bakal dilaksanakan.

“Dengan kegiatan yang kita laksanakan ini, dengan tema “Pengawasan Partisipatif Pilkada Tahun 2020”, kita berharap masyarakat bisa terlibat langsung dalam melakukan pengawasan demokrasi,” tegas Ketua Bawaslu HST M Ahsani.

Ahsani juga menambahkan proses demokrasi tidak bisa berjalan tanpa andil seluruh elemen masyarakat yang ada di Kabupaten HST untuk melakukan pengawasan, meskipun Bawaslu sebagai lembaga yang menangani kalau ada temuan pelanggaran dilapangan.

“Karena sesuai dengan moto, bersama rakyat awasi pemilu, bersama Bawaslu tegakan keadilan pemilu,” lanjutnya seraya menjelaskan bahwa semua masyarakat bisa peduli dan ikut serta mau melakukan pengawasan, karena setiap pilkada selalu diterima banyak laporan pelanggaran namun masyarakat tidak mau peduli dan acuh tak acuh terhadap pengawasan jalannya pemilu.

Berita Lainnya
1 dari 1.201
Loading...

Terkait dengan pelanggaran yang sering terjadi ketika pelaksanaan pemilu, Ahsani meminta agar masyarakat yang mengetahui hal-hal seperti itu dapat segera melapor ke Bawaslu, sehingga kecurangan-kecurangan pada saat pemilu dapat diatasi.

“Jika masyarakat mengetahui adanya pelanggaran baik yang dilakukan oleh calon, maupun anggota Bawaslu maka segera laporkan kepada kami. Kami siap untuk menanganinya, karena memang itu fungsi dan tugas kami,” jelasnya.

Ia pun kembali mengingatkan agar masyarakat siap mengawal pemilihan kepala daerah di Kabupaten HST, baik itu pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Selatan maupun Bupati dan Wakil Bupati HST. Disamping masyarakat harus mentaati peraturan perundangan-undangan yang berlaku terkait dengan penyelenggaraan pilkada 2020 ini.

Namun yang terpenting, Ketua Bawaslu HST mengajak agar sama-sama menjaga keamanan daerah tetap kondusif, dan upaya masyarakat untuk melakukan penolakan terhadap politik uang dan kampanye hitam.

“Kita mengajak semua komponen masyarakat selalu mengutamakan kekompakan supaya daerah tetap kondusif,” ungkapnya.

Sosialisasi ini juga di hadiri Ketua Bawaslu Kalsel Erna Kasypiah dan seretaris panwaslu HST Anggota dan Mahasiswa, NU. (adv/ary/K-6)

loading...
Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya