Besok, Shalat Jum’at di Sabilal Sementara Tiadakan

Banjarmasin, KP – Badan Pengelola Masjid Sabilal Muhtadin Banjarmasin mengeluarkan surat pemberitahuan Nomor 039/BP-MRSM/III/2020 tertanggal 26 Maret 2020.

Isi surat pemberitahuan tersebut terkait kebijakan ditiadakannya Shalat Jum’at sesuai dengan imbauan Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kalimantan Selatan.

Sekretaris Umum Badan Pengelola Masjid Sabilal Muhtadin Banjarmasin, Samsul Rani saat dikonfirmasi membenarkan adanya kebijakan tersebut.

Ia mengatakan, bahwa mulai besok shalat Jum’at di salah satu masjid kebanggaan warga Banjarmasin itu ditiadakan untuk sementara hingga waktu yang belum ditemukan.

“Iya sampai pemberitahuan dari pemerintah sudah aman,” ucapnya.

Selain itu ditiadakannya shalat Jum’at ini juga sesuai hasil keputusan rapat MUI Kalsel. Dan beberapa pertimbangan lain, sebagai upaya mendukung pencegahan penyebaran Virus Corona (Covid-19).

“Berdasarkan surat edaran MUI Kalsel, meminta untuk tak melaksanakan shalat Jum’at dan mengganti dengan shalat Zuhur di rumah masing-masing,” ujarnya.

Kendati shalat Jum’at ditiadakan bukan berarti shalat fardhu juga ditiadakan di sana. Ia memastikan untuk shalat berjamaah lain masih bisa dikatakan dengan beberapa ketentuan.

“Untuk shalat fardhu lain tetap, tapi tetap tapi jag jarak dan bawa sjadah sendiri. Kalau bisa ayat pendek-pendek saja,” imbuhnya.

Selain itu, Samsul menambahkan, sejak Senin kemarin pihaknya juga telah meliburkan pengajian yang biasanya digelar rutin di masjid tersebut. (sah/KPO-1)

Loading...
Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

loading...