Sarana Ibadah di Kecamatan Satui Disemprot Disinfektan

Batulicin, KP – Masih upaya pencegahann penyebaran Virus Corona (Covid-19), di Kabupaten Tanah Bumbu (Kab Tanbu), Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu melalui Dinas Kesehatan terus melakukan penyemprotan disinfektan di berbagai lokasi. Adapun lokasi yang jadi target penyemprotan saat ini yaitu, beberapa sarana ibadah yang ada dikecamatan Satui.

Selain itu kantor Kecamatan Angsana juga dilakukan penyemprotan  oleh petugas Puskesmas Kecamatam Angsana Sabtu 21/3.20 tadi. Sebelumnya, beberapa hari lalu hal sama juga  dilakukan tim  Dinas Kesehata Kab Tanbu. Target nya pada waktu itu yaitu penyemprotan Disinfektan ke kawasan berpotensi kerumunan orang banyak, Pesantren dan Masjid.  

Demikian pula tempat pengembangan Al-Qur an (TPA) di sekitar kediaman Bupati Tanbu.

“Ini hari ketiga yang kami lakukan, penyemprotan disinfektan akan dilakukan secara bertahap, hari ini kami prioritaskan di sarana Ibadah dan Pesantren,” kata Kepala Dinkes Tanbu H. Setia Budi. 

Dia menyampaikan, aksi proteksi ini dilakukan dalam rangka memutus mata rantai penyebaran virus COVID-19 itu ke berbagai titik yang berpotensi kerumunan.

“Kita tidak tau, dari siapa dan bekas siapa namun yang penting masyarakat tetap waspada tapi bukan berarti panik berlebihan, terutama harus juga menjaga kebersihan lingkungannya,” ucap Setia Budi.

Juga pada rabu 17/3, Kepada warga yang keluar masuk  pasar Pagatan Kecamatan Kusan Hilir dilakukan pemeriksaa suhu tubuh oleh tim Dinas kesehatan  Kab Tanbu. “Apabila suhu tubuh warga mencapai 38 derajat celsius keatas, maka warga itu layak menjadi pantauan Dinas kesehatan,” kata H Setia Budi.  

Tidak hanya itu, kondisi warga terperikssa yang mengalami batuk Flu akan di data seberapa lama mengalami kondisi itu. 

Berita Lainnya
1 dari 1.181
Loading...

“Kalau Flu dan Batuknya sudah diatas tiga hari namun ada keluhan tak wajar dari warga maka kami data, sekaligus disarankan periksa ke Puskesmas terdekat.

Budi Juga Menyampaikan, tindakan pencegahan terhadap Covid -19 ini sudah berjalan selama dua hari, dimulai dari penyemprotan disinfektan ke perkantoran Bupati hingga ke sejumlah kantor SKPD.

“Kami akan terus melakukan tindakan ini ke titik kerumunan banyak orang, namun terpenting bagi masyarakat diharapkan tetap dalam kondisi waspada dengan tetap menjaga kebersihannya,” ujarnya.

Masih berkait dengan Covid 19, Bupati Tanah Bumbu H. Sudian Noor menghimbau seluruh lapisan masyarakat di Bumi Bersujud untuk mengadakan doa bersama dan menerapkan prilaku hidup bersih dan sehat (PHBS).

Himbauan ini dia samapaikan untuk menyikapi penyebaran covid 19 yg kian masif yang dituangkan dalam  Surat Edaran Nomor B/451/665/Kesra.2.Bup/III/2020 tentang Doa Bersama Pengendalian Penyebaran Virus Corona (COVID-19).

Adapun surat edaran ini ditujukan kepada seluruh Camat, Lurah, Kepala Desa, Pimpinan Pondok Pesantren, Pimpinan Majelis Taklim, Pengurus Mesjid, Mushola, Tokoh Agama, dan Tokoh Masyarakat, serta seluruh lapisan masyarakat yang ada di Bumi Bersujud.

Dalam Surat Edaran tersebut, Bupati mengajak seluruh masyarakat agar bersama-sama menjaga kebersihan diri (menjaga wudhu bagi umat Islam), menjaga kebersihan tempat ibadah di lingkungan masing-masing, serta membudayakan PHBS yang diawali dengan membiasakan mencuci tangan pakai sabun dengan air mengalir atau cairan anti septic pada saat beraktivitas.

Kemudian, untuk pelaksanaan ibadah sholat berjamaah di Mesjid atau Mushola, agar membawa sajadah atau sorban sebagai alat sholat, serta menerapkan standar kesehatan untuk pencegahan penyebaran COVID-19. 

Dan yang terpenting, sebut Bupati mari berdoa dan mendekatkan diri kepada Allah SWT dengan memperbanyak istigfar memohon ampun kepada Allah SWT, memperbanyak sedekah, melakukan qunut nazilah (berdoa untuk menangkal turunya malapetaka) setiap sholat fardhu, memperbanyak zikir setelah sholat maghrib dan sholat subuh, serta doa lainya secara berjamaah atau bersama keluarga di rumah masing-masing.

“Mari kita berdoa dalam rangka memaksimalkan ikhtiar kepada Allah SWT agar seluruh bangsa Indonesia, khususnya masyarakat Tanah Bumbu terhindar dari virus corona dan bencana lainnya,” ajak H Sudian Noor. (han)

loading...
Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya