Tempat Ibadah Diimbau Bersih-Bersih Antisipasi Virus Corona

Seluruh tempat ibadah, seperti masjid, mushala, gereja, klenteng dan tempat ibadah lainnya diimbau melaksanakan kegiatan bersih-bersih.

BANJARMASIN,KP – Wakil Ketua Komisi IV, DPRD Kota Banjarmasin, Hilyah Aulia mengimbau, agar seluruh tempat ibadah, seperti masjid, mushala, gereja, klenteng dan tempat ibadah lainnya melaksanakan kegiatan bersih-bersih.

“Kegiatan sterilisasi bersih-bersih tempat ibadah bertujuan guna mencegah dan mengantisipasi penyebaran wabah covid–19 (virus corona),’’ kata Hilyah Aulia.

Kepada KP, Rabu (18/3/20), ia mengemukakan, melaksanakan kegiatan bersih-bersih tersebut sekaligus menindaklanjuti imbauan dikeluarkan Kementerian Agama (Kemenag) RI, kepada seluruh pengurus tempat ibadah di seluruh Indonesia sebagai tindakan preventif mencegah penyebaran covid-19 atau virus corona.

“Mari kita ciptakan pola hidup sehat dan lingkungan bersih agar kita semua terhindar dari covid–19,’’ kata Hilyah Aulia yang juga Ketua Fatayat NU Kalsel, sekaligus Ketua DPC PKB Kota Banjarmasin ini.

Berita Lainnya
1 dari 1.781
Loading...

Wakil Ketua Komisi diantaranya membidangi masalah kesehatan ini mengatakan, menyusul imbauan dikeluarkan Kemenag, Majelis Ulama Indonesia (MUI) Pusat juga telah mengeluarkan fatwa mengenai penyelenggaraan ibadah dalam menyikapi wabah covid-19 yang saat ini sudah menyerang banyak negara dibelahan dunia, termasuk Indonesia.

Dalam Fatwa MUI Nomor : 14 tahun 2020 yang dirilis Senin tanggal 16 Maret 2020 itu, ujarnya, bahwa orang yang telah terpapar virus corona wajib menjaga dan mengisolasi diri agar tidak terjadi penularan kepada orang lain.

Sementara menyusul imbauan Kemenag kepada seluruh pengurus masjid untuk aktif melakukan tindakan preventif dalam mencegah penyebaran virus corona, Badan Pengelola Masjid Raya (BPMR) Sabilal Muhtadin Banjarmasin melakukan pembersihan pada area masjid serta membersihkan seluruh karpet yang digunakan untuk shalat di masjid kebanggaan warga Kalsel tersebut.

Ketua BP Masjid Raya Sabilal Muhtadin, KH Darul Quthni mengatakan, pembersihan area masjid sebenarnya sudah menjadi kegiataan rutin.

Namun ia juga tidak menampik, jika pembersihan area masjid dilaksanakan sekaligus guna mengantisipasi penyebaran virus corona yang saat ini heboh dan mengancam kesehatan masyarakat.

Selain melakukan pembersihan, KH Darul Quthni kepada wartawan, Rabu (17/3/20), juga menjelaskan, pihaknya juga tidak menutup kemungkinan akan menggunakan peralatan thermal scanner dan hand sanitizer, jika covid-19 di Kota Banjarmasin semakin mewabah dan banyak warga terjangkit virus yang membahayakan bagi kesehatan manusia tersebut. (nid/K-5)

loading...
Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya