Tidak Perlu Panik Berlebihan, dr Dharma : Kemampuan Membunuh Virus Corona Rendah

Banjarbaru, KP – Virus corona mempunyai daya infeksi yang sangat tinggi bahkan hampir 100 persen. Hal itu terbukti dari cepatnya virus itu menyebar dari satu tubuh manusia ke tubuh manusia lainnya.


“Orang yang berdekatan atau tersentuh bisa terinfeksi, karena itu tadi daya untuk menginfeksinya sangat tinggi,” kata ahli penyakit menular atau epidiomolog, dr. IBG Dharma Putra, Rabu (04/04/2020).


Bahkan kemampuan untuk menimbulkan penyakit, virus ini juga disebut Dharma, sangat tinggi.

Dikatakannya cenderung penyakit yang timbul seperti gejala flu, batuk, dan lain sebagainya


Dibeberkan Dharma, terdapat hal menggembirakan terkait sifat virus covid-19 tersebut. Meskipun daya infeksi dan daya menimbulkan penyakit sangat tinggi, namun virulensi atau sifat membunuhnya sangat rendah. Ditegaskannya, resiko mematikan dari virus ini cukup rendah.

Berita Lainnya
1 dari 1.783
Loading...


“Sifatnya menginfeksi tinggi, menimbulkan penyakit tinggi, tapi virulensi sangat rendah. Yang kena virus ini tidak pasti otomatis meninggal,” sebutnya.


Dharma menyebut berdasarkan data sementara bagi yang berusia muda meskipun terkena covid-19 tetap bisa bertahan. Rata-rata yang sampai meninggal dunia berusia di atas 65 tahun.


“Coba kita buat perbandingan antara yang positif covid-19 berapa dan yang meninggal berapa yang selamat berapa, itu lebih banyak yang selamat. Yang meninggal rata-rata orang tua atau memang punya penyakit lainnya,” ucap Dharma.


Kendati demikian, pria yang menjabat Direktur Utama RSJD Sambang Lihum, ini tetap mengingatkan masyarakat untuk waspada. Ia mengajak mansyarakat untuk menerapkan pola hidup sehat seperti tidak sering berada di tempat keramaian, sering cuci tangan, menjaga daya tahan tubuh dengan istirahat yang cukup dan makanan bergizi.


“Intinya jangan panik berlebihan, dan jangan lupa untuk terus berdoa kepada Allah Swt,” pesannya.(mns/KPO-1)

loading...
Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya