Iklan
Iklan
Iklan
KALTENGPalangka Raya

UPR – UNIBRAW MoU Ilmu Perikanan

×

UPR – UNIBRAW MoU Ilmu Perikanan

Sebarkan artikel ini
MoU -- Rektor UPR Dr.Elia Embang,SE,MSc menanandatangani MuO dengan Dekan Fak.Perikanan UNIBRAW. (kp/darity).

Palangka Raya, KP – Universitas Palangka Raya (UPR) dan Universitas Brawijaya (UNIBRAW) sepakati kerjasama kembangkan ilmu perikanan, yang tertuang dalam sebuah penandatangan kerjasama (MuO).

Penandatangan kerjasama dilakukan Rektor Universitas Palangka Raya (UPR), DR Andrie Elia dengan Dekan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Brawijaya Malang (FPIK UB), Prof Dr Ir Happy Nursyam MSC, Jumat (06/03) tadi pagi.

Android

Hadir mendampingi Rektor UPR, 2 (dua) orang Wakil Rektor UPR, yakni Prof Dr Sulmin Gumiri PhD dan Prof Dr Suandi Sidauruk MPd, Dekan Fakultas Pertanian (Faperta) UPR Dr Susilawaty MP dan unsur civitas akademika UPR lainnya.

Kunjungan dan penandatangan MuO, dalam rangka kerjasama akademik, terutama dalam pengembangan ilmu dalam bidang perikanan. Selanjutnya kedua institusi pendidikan tinggi ini, dapat saling berkontribusi dan memberikan manfaat satu sama lainnya.

Kegiatan lanjutan, seperti pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat luas, sebagaimana adanya Tri Dharma Perguruan Tinggi di Indonesia, khususnya di wilayah Kalimantan Tengah ini.

Rektor Universitas Palangka Raya, Dr Andrie Elia SE MSi mengatakan, dengan adanya kerjasama itu diharapkan dapat memberikan dampak positif, terutama dalam upaya peningkatan pendidikan dalam bidang perikanan.

Ditegaskan kerjasama sangat tepat dilakukan, terlebih lagi dengan melihat potensi daerah Kalimantan Tengah ini, yang memiliki wilayah perairan, dengan sungainya yang banyak, berikut potensi perikanannya.

Demikian pula potensi perikanan lautnya dengan garis pantai laut mencapai 750 Sehingga, pengembangan ilmu bidang perikanan, menjadi suatu hal yang sangat penting dilakukan.

“Saya sangat menyambut baik adanya kerjasama ini,” ujar Rektor UPR Dr Andrie Elia SE MSi, usai menerima kunjungan FPIK UNIBRAW.

Saat ini UPR sudah mempersiapkan satu kawasan seluas kurang lebih 5 hektare, sebagai tempat pengembangan kawasan pertanian terpadu, termasuk untuk perikanan.

Baca Juga:  BNN Kalteng Musnahkan Barbuk Narkoba 86 Gram

Dekan FPIK UNIBRAW Prof Dr Ir Happy Nursyam MS mengatakan, tujuan kunjungan ini, pihaknya ingin bertemu dan bersilaturahmi dengan Rektor beserta jajaran, dalam rangka penandatanganan Nota Kerjasama Akademik, terutama bidang perikanan.

“Kami baru saja melakukan penandatanganan MoU Kerjasama Akademik, terutama dengan Faperta UPR, mengingat, kedua Perguruan Tinggi ini, sama-sama memiliki jurusan perikanan”, paparnya.

“Melalui MoU, diharapkan bisa saling bekerjasama dan berkontribusi dalam pengembangan ilmu pengetahuan, khususnya dalam bidang perikanan,” Kata Prof Dr Ir Happy Nursyam MS.

Menurut dia, hasil dari kerjasama ini, tidak hanya berguna dalam upaya peningkatan ilmu pengetahuan dan teknologi, tapi juga berbagai inovasi yang dihasilkan memiliki nilai manfaat besar, bagi masyarakat luas.

“Diharapkan, lulusan maupun kelembagaan akademik baik bagi UPR maupun UNIBRAW mampu meningkat SDMnya agar mampu bersaing diera zero four poin (4.0),” pungkasnya. (drt/k-10)

Iklan
Iklan