Warga Depok Positif Corona, Dinkes Banjarmasin Belum Tingkatkan Kewaspadaan

Hingga saat ini Banjarmasin masih belum meningkatkan kewaspadaan menyusul adanya pengumuman adanya Virus Corono.

BANJARMASIN, KP – Dua warga negara Indonesia (WNI) asal Depok dinyatakan positif terjangkit Virus Corona. Dua orang ini terjangkit setelah berinteraksi dengan warga Jepang yang datang ke Indonesia. Hal ini disampaikan langsung oleh Presiden Joko Widodo, Senin (3/3/2020).

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Banjarmasin, Machli Riyadi mengaku telah mendapatkan kabar tersebut. Kendati demikian, hingga saat ini pihaknya masih belum meningkatkan kewaspadaan menyusul adanya informasi ini.

“Kalau yang dari Jawa ini ya mungkin sedang berproses. Tapi kalau secara umum, semua orang yang pulang dari Pulau Jawa ke Banjarmasin secara khusus sih kita memang belum melakukan proteksi sejauh itu,’’ ucapnya saat dikonfirmasi, Senin (3/3/20).

Machli meyakini, peningkatan kewaspadaan yang selama ini dilakukan untuk menangkal masuknya Virus Corona ke Banjarmasin sudah cukup baik.

Berita Lainnya
1 dari 1.746
Loading...

Lebih lanjut, imbauan dari Dinkes Provinsi Kalsel untuk terus mengawasi orang yang datang dari negara yang terinfeksi seperti misalnya Republik Rakyat Tiongkok (RRT) juga telah dilakukan.

“Dinkes Banjarmasin juga membuat imbauan kepada seluruh puskesmas di wilayah kerjanya orang pulang dari China, maupun negara yang terinfeksi untuk selalu dipantau juga sudah kami lakukan,’’ katanya.

Selain itu, ia mengklaim bahwa tenaga medis yang ada di Banjarmasin juga sangat memahami terkait penanganan Virus Corona ini. Sebab, ujarnya, Virus Corona merupakan kategori penyakit infeksi Pneumonia yang sudah dipahami.

“Kalau tenaga kita cukup. Corona ini kan termasuk kategori penyakit infeksi Pneumonia. Petugas kita dilapangan sudah memadai, siap dan sudah cukup saja. Mereka sudah sangat memahami akan hal itu,’’ ujarnya.

Machli pun mengingatkan agar masyarakat, khususnya di Banjarmasin untuk meningkatkan daya tubuh dengan terus menjaga dengan berperilaku hidup sehat agar terhindar dari penyakit. Dan teras waspada terhadap Virus Corona.

“Imbauan kita kalau ada keluarga atau tetangga yang baru pulang dari negara yang terindikasi terinfeksi Corona pertama menjaga kewaspadaan terhadap dirinya dan keluarga melalui meningkatkan daya tahan tubuh, berperilaku hidup sehat juga cuci tangan sebelum memegang hidung, mulut, mata, itu harus dipastikan tangannya bersih,’’ tukasnya. (Sah/K-5)

loading...
Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya